Manfaat Wedang Uwuh
source : takaitu.com

11 Manfaat Wedang Uwuh, Cara Penyajian, dan Efek Sampingnya

Posted on

Manfaat Wedang Uwuh – Wedang uwuh adalah nama sejenis minuman khas kota gudeg Yogyakarta. Nama minuman ini berasal dari bahasa Jawa yang berarti minuman sampah. Eits, tak perlu mengeryitkan dahi dulu, nama minuman sampah disini bukan berarti minuman ini jorok dan kotor ya. Disebut sebagai ‘minuman sampah’ atau wedang uwuh karena minuman ini terbuat dari berbagai rempah yang diseduh menjadi satu dalam segelas air panas. Tampilan dari minuman ini memang terlihat seperti seduhan dari sampah-sampah dedaunan. Daun dan rempah yang digunakan untuk membuat minuman tradisional ini tidak sembarangan. Ada beberapa jenis rempah yang memang sudah dikenal mempunyai khasiat bagi kesehatan. Gabungan dari rempah-rempah ini selain menghasilkan rasa yang enak juga manfaaat yang berlipat.

Wedang uwuh kini sudah cukup populer bahkan hingga ke luar Yogyakarta. Meskipun sudah ada minuman instan dengan rasa serupa, kenikmatan wedang uwuh asli racikan tangan tetap tidak bisa tertandingi. Minuman berwarna merah muda ini biasanya disajikan dan diminum selagi hangat. Tak hanya nikmat dan menghangatkan tubuh, minuman tradisional ini juga ternyata memiliki banyak manfaat berkat bahan-bahan alami yang digunakan untuk meraciknya.

Manfaat Wedang Uwuh untuk Kesehatan

Selain untuk menghangatkan tubuh, wedang uwuh menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Tak heran jika banyak orang yang ingin mencoba minuman ini ketika singgah di Yogyakarta. Beragam manfaat dari meminum wedang uwuh ini hadir berkat rempah-rempah berkhasiat yang digunakan. Berikut ini beberapa manfaat wedang uwuh bagi tubuh Anda dilihat dari sisi kesehatan:

  • Menghangatkan tenggorokan dan meredakan batuk ringan.
  • Mengobati masuk angin dan gejala-gejalanya seperti perut kembung.
  • Menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol darah
  • Melancarkan peredaran darah dalam tubuh
  • Meredakan pegal-pegal
  • Menghangatkan tubuh
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Sumber antioksidan
  • Membuat tubuh menjadi segar dan mengurangi rasa lelah

Manfaat Wedang Uwuh untuk Diet

Tidak hanya berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, ternyata wedang uwuh juga dapat membantu program diet Anda. Kaum wanita pasti sangat tertarik dengan bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Manfaat untuk diet ini diperoleh berkat campuran jahe yang mampu membakar kalori tubuh.

Khasiat Wedang Uwuh Imogiri

Khasiat untuk kesehatan yang terkandung dalam wedang uwuh ini adalah hasil dari gabungan khasiat berbagai rempah di dalamnya. Tiap-tiap bahan wedang uwuh memang memiliki manfaat masing-masing. Jahe berkhasiat untuk mengatur kadar kolesterol, menghangatkan tubuh serta mencegah terjadinya pembekuan aliran darah sehingga peredaran darah dalam tubuh senantiasa lancar. Selanjutnya wedang uwuh berkhasiat sebagai sumber antioksidan yang berasal dari kayu secang. Kayu secang ini mengandung aktioksidan dan bisa juga mencegah kanker. Selain itu kayu secang juga edektid untuk meredakan peradangan yang terjadi di tubuh serta melancarkan sistem pernapasan. Khasiat selanjutnya yang mampu mengurangi rasa capek lelah dan nyeri berasal dari bahan berupa pala. Pala ini mengandung senyawa flavonoid dan polifenol yang dapat melancarkan sistem pencernaan, mengurangi rasa nyeri, dan mengobati penyakit lambung. Cengkeh dan kayu manis digunakan untuk memberikan rasa dan aroma khas pada wedang uwuh. Terakhir,  gula batu berfungsi untuk memberikan rasa manis untuk semakin menambah nikmat rasa minuman ini. Wedang uwuh dapat memberikan efek positif bagi tubuh asal dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dengan pengolahan yang tepat.

Manfaat Wedang Uwuh
source : takaitu.com

Sejarah Wedang Uwuh

Sejarah dari minuman tradisional ini dimulai pada zaman kerajaan Mataram yang dipimpim oleh Sultan Agung dan terciptanya minuman ini terjadi karena sebuah ketidaksengajaan. Konon, suatu hari Sultan Agung dan para pengawalnya sedang bepergian mencari lokasi untuk pemakaman keluarga kerajaan. Setelah berkeliling ke beberapa lokasi sampailah ke Bukit Merak Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Lokasi tesebut disetujui oleh sang Sultan kemudian Sultan memutuskan untuk bersemedi untuk memantapkan pilihan akan lokasi tersebut. Kondisi bukit yang dingin membuat Sultan meminta pengawalnya membuatkan minuman untuk menghangatkan tubuh selama bersemedi. Akhirnya, sang pengawal memutuskan untuk membuat wedang secang yang kemudian diletakkannya di bawah pohon dekat Sang Sultan bersemedi.

Pepohonan yang rindang terhempas oleh angin sehingga daun-daun serta rantingnya berguguran dan tak sengaja masuk ke dalam wadang wedang secang buatan pengawal tadi. Daun dan ranting tersebut bercampur menjadi satu dengan wedang secang. Kondisi tempat semedi yang gelap membuat Sultan tidak melihat ada yang salah dengan minuman beliau dan langsung saja menyeruput wedang secang dengan campuran daun serta ranting tadi.Tak disangka beliau pun menyukai rasa dari minuman tersebut.

Keesokan harinya Sultan meminta pengawal untuk membuatkan lagi minuman yang sama. Merasa heran dengan ekspresi Sultan akan rasa minuman semalam, sang pengawal pun mengambil gelas bekas Sultan dan kaget melihat isi dedaunan dan ranting di dalamnya. Akhirnya si pengawal meracik minuman dengan bahan yang sama persis dengan yang ada di gelas Sultan hingga terciptalah wedang uwuh yang menjadi favorit hingga sekarang.

Baca Juga : 30 Manfaat Kelapa Ijo dan Ciri-Cirinya

Bahan Wedang Uwuh

Minuman tradisional ini sangat kaya akan rempah-rempah asli Indonesia. Campuran dari beberapa rempah ini menghasilkan rasa yang nikmat dan manfaat yang luar biasa. Cita rasa dari wedang uwuh ini sendiri adalah manis-pedas-segar. Kalau Anda penasaran apa saja bahan yang digunakan untuk membuat wedang uwuh ini, berikut daftarnya:

  • Kayu secang yang sudah dikeringkan
  • Gula batu atau gula pasir
  • Jahe
  • Daun kayu manis yang sudah dikeringkan
  • Batang cengkeh yang sudah dikeringkan
  • Daun pala kering
  • Cengkeh yang sudah kering

Efek Samping Wedang Uwuh

Wedang uwuh memang dikenal sebagai minuman tradisional yang sehat dan segar. Akan tetapi sebagian dari Anda mungkin juga bertanya-tanya tentang ada atau tidaknya efek samping dari konsumsi minuman ini. Pada dasarnya, wedang uwuh aman dikonsumsi siapa saja asalkan dalam jumlah yang wajar dan diolah dengan cara yang tepat pula. Semua bahan-bahan yang digunakan harus bersih dari kotoran kemudian perebusan pun harus dilakukan hingga air benar-benar mendidih sehingga bakteri yang mungkin masih ada pada air dan bahan-bahan bisa hilang.

Cara Penyajian Wedang Uwuh

Cara pembuatan dan penyajian wedang uwuh sebenarnya cukup sederhana yaitu dengan langkah sebagai berikut:

  • Persiapkan semua bahan yang diperlukan
  • Siapkan jahe dan bakar terlebih dahulu kemudian memarkan dengan digeprek
  • Masukkan air ke dalam panci dan masukkan jahe, batang cengkeh, cengkeh, daun pala, daun kayu manis, daun pala dan kayu secang ke dalam panci dan panaskan hingga mendidih.
  • Biarkan rebusan bahan selama kurang lebih 15 menit
  • Angkat dan wedang uwuh siap dihidangkan. Anda bisa menghidangkan dalam bentuk yang sudah disaring ataupun bentuk asli dengan banyak bahan rempah di dalamnya.

Harga Wedang Uwuh

Harga minuman tradisional wedang uwuh ini bervariasi tergantung tempat Anda membelinya. Wedang uwuh yang dijual di warung mungkin bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan jika Anda membeli di restoran. Jika Anda tidak ingin repot sekarang juga sudah tersedia jenis wedang uwuh instan yang bisa diperoleh dengan harga terjangkau.

Demikianlah info mengenai manfaat wedang uwuh yang bisa kami bagi, semoga dapat memberikan manfaat untuk anda. Terima kasih.

Pencarian Manfaat Terbanyak

  • apa efek wedang secang
  • apa manfaat wedang uwuh
  • manfaat wedang uwuh untuk kecantikan

One thought on “11 Manfaat Wedang Uwuh, Cara Penyajian, dan Efek Sampingnya

  1. Ulasannya bagus banget. Terimakasih dah berbagii
    Sangat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *