Manfaat Temulawak
Temulawak

19 Manfaat Temulawak yang Sangat Berguna Bagi Tubuh Anda

Posted on
Manfaat Temulawak
Temulawak

Manfaat Temulawak – Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza merupakan sejenis tumbuhan obat yang termasuk dalam suku temu-temuan. Tumbuhan obat yang satu ini sejenis tumbuhan yang berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa yang kemudian menyebar ke berbagai wilayah yang masuk dalam kawasan biogeografi Malesia. Karena memiliki manfaat yang dan khasiat yang cukup banyak, temulawak pun mulai dibudidayakan di berbagai tempat. Bahkan, tidak hanya di Indonesia, tumbuhan obat ini juga mulai dibudidayakan di Thailand, Filipina dan Malaysia. Selain itu, ia juga dapat dijumpai di India, Jepang, Amerika Serikat, Korea, China, Indochina, Barbados dan beberapa negara yang ada di Eropa.

Temulawak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, berikut manfaat yang Anda dapatkan jika mengonsumsi temulawak.

  1. Menurunkan Lemak Darah

Ekstrak temulawak atau fraksi kurkuminoid rupanya memiliki khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan. Dimana ia mampu menurunkan kadang lemak darah atau kolesterol secara totalitas. Dengan menurunkannya kolesterol pada tubuh, tentu dampaknya akan sangat baik untuk kesehatan jantung dan sistem kardiovaskuler yang ada dalam tubuh.

  1. Mengurangi Radang Sendi

Temulawak merupakan tumbuhan obat yang mengandung kurkumin dengan jumlah yang sangat tepat, yakni sekitar 100 mg fenibutazon. Kandungan tersebut rupanya mampu mengurangi radang sendiri yang ada pada tubuh manusia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, kurkumin berkemampuan untuk menghambat berpindahnya sel-sel leuksit ke daerah radang atau dengan kata lain, kurkumin tersebut mampu menghambat prostaglandin, yakni pembentukan dan transportasi mediator radang.

Berdasarkan hasil studi yang diterbitkan pada tahun 2009 silam, penderita radang sendiri lutut yang mengonumsi sari temulawak bersama ibuprofen secara rutin tiap hari dalam jangka waktu 6 minggu, sangat ampuh untuk mengurangi rasa sakit yang tercipta karena radang. Bahkan, tidak menimbulkan adanya efek samping sedikit pun.

  1. Memelihara Fungsi Hati

Manfaat temulawak selanjutnya ialah memelihara fungsi hati. Temulawak memiliki kandungan katagoga yang berguna untuk memproduksi empedu dalam hati dan untuk melakukan perangsangan pengosongan empedu.

  1. Melancarkan Proses Pencernaan

Bukan menjadi rahasia lagi jika temulawak memiliki manfaat untuk melancarkan proses pencernaan. Kandungan pada temulawak mampu merangsang produksi empedu untuk meningkatkan pencernaan. Karena manfaatnya yang sangat baik ini, tidak heran jika temulawak sering dikonsumsi oleh para penderita gangguan pencernaan, termasuk pula gas, dyspepsia dan kembung.

  1. Melancarkan ASI

Selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, temulawak rupanya sangat baik dikonsumsi untuk ibu menyusui. Ibu menyusui yang mengonsumsi temulawak dapat melancarkan produksi ASI. Lebih-lebih, temulawak ini mengandung banyak antioksidan yang sangat berguna mencegah perubahan/oksidasi nutrisi yang diperlukan tubuh sebagai proses produksi ASI. Seperti yang kita ketahui, jika terjadi oksidasi nutrisi, produksi dan kualitas ASI pun akan berkurang.

  1. Melawan Penyakit Kanker

Penyakit kanker menjadi salah satu penyakit mematikan yang ditakuti oleh banyak orang. Pada dasarnya, kanker tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan atau obat yang tepat. Temulawak rupanya mampu melawan penyakit tersebut. Kandungan kurkumin pada temulawak berkemampuan untuk menghambat pertumbuhan adanya kanker prostat, serta mampu mencegah perkembangan kanker hormone lainnya.

Efek Samping Temulawak

Banyaknya manfaat yang dimiliki oleh temulawak, rupanya tidak baik jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak dan dalam jangka waktu yang melebihi batas, yakni lebih dari 18 minggu secara berturut-turut. Hal tersebut tidak lain karena temulawak juga memiliki efek samping. Berikut efek samping temulawak yang perlu diketahui.

  1. Penambah Nafsu Makan

Efek samping yang banyak ditemui ketika mengonsumsi temulawak ialah nafsu makan yang bertambah. Kandungan kurkuma pada temulawak mampu mempercepat pengosongan lambung, sehingga nafsu makan pun akan meningkat secara signifikan. Karena memiliki efek samping sebagai penambah nafsu makan, tidak heran jika tumbuhan obat yang satu ini sering digunakan untuk obat bagi anak-anak yang sulit makan.

  1. Gangguan Lambung

Mengonsumsi temulawak dengan dosis yang telalu tinggi rupanya dapat menyebabkan rasa mual dan iritasi lambung. Oleh karena itu, mengonsumsi temulawak sangat tidak disarankan untuk para ibu hamil dan ibu menyusui.

  1. Risiko Pendarahan

Mengonsumsi temulawak sebagai obat herbal memang sangat ampuh mengatasi berbagai masalah atau penyakit dalam tubuh, namun sangat berbahaya jika mengonsumgi temulawak bersamaan dengan obat pengencer darah. Pasalnya, temulawak sendiri memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar lemak dalam darah, sehingga jika dikonsumsi bersama dengan obat pengencer darah yang berasal dari obatan-obatan kimia, ditakutkan akan berisiko terjadi pendarahan.

  1. Risiko Gangguan Empedu

Bagi para penderita batu empedu dan penyumbatan saluran empedu, sebaiknya tidak mengonsumsi temulawak. Dalam hal ini, temulawak berkemampuan untuk merangsang produksi empedu, sehingga jika penderita tersebut mengonsumsi temulawak maka ditakutkan akan lebih memperparah kondisinya, bahkan bisa membuat empedu mengalami keracunan.

Harga Temulawak Asli

Pada dasarnya, harga dari temulawak asli masih berada dalam kisaran yang terjangkau. Namun, berhati-hatilah pada penjual yang menjual dengan harga yang jauh lebih murah. Sebagai sikap waspada, sebaiknya membeli temulawak di toko-toko yang terpercaya.

Fungsi Temulawak

Sebagai obat herbal, temulawak memiliki banyak fungsi yang sangat baik untuk kesehatan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

  1. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Fungsi temulawak yang sangat baik ialah meningkatkan fungsi ginjal. Dengan mengonsumsi temulawak, ginjal dapat bekerja lebih baik dalam menyaring darah dari racun, serta menyaring sisa-sisa metabolisme dalam tubuh. Hal tersebut tidak lain karena temulawak memiliki kandungan minyak asiri sebanyak 6,00%.

  1. Membantu Mengeluarkan Toksin dalam Tubuh

Tidak hanya meningkatkan fungsi ginjal, mengonsumsi temulawak secara rutin dapat membantu proses pengeluaran toksin dari dalam tubuh. Hal ini berkat adanya kandungan Phelandren yang dimiliki oleh temulawak.

  1. Membantu Pemulihan Kesehatan Tubuh

Bagi Anda yang saat ini tengah menjalani proses penyembuhan dari suatu penyakit, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi temulawak secara rutin. Kandungan borneol yang dimiliki oleh temulawak rupanya mampu membantu, serta mempercepat proses pemulihan kesehatan tubuh setelah sakit.

  1. Sebagai Antioksidan

Kandungan pada temulawak memang terbilang cukup beragam. Temulawak juga memiliki kandungan aktioksidan untuk menghambat proses oksidasi untuk mencegah tumbuhnya penyakit berbahaya, contohnya alzheimer, kanker payudara bagi wanita, penyakit jantung dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 7 Manfaat Daun Sirsak Bagi Tubuh Manusia

Kandungan Temulawak

Sebagai obat herbal, rimpang temulawak memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan. Temulawak tersebut juga memiliki kandungan zat aktif dengan takaran yang sesuai. Berikut kandungan zat aktif pada temulawak yang perlu Anda ketahui :

  1. Kurkumin 1,60% – 2,20% yang berguna untuk melancarkan proses pencernaan.
  2. Minyak asiri 6,00% – 10,00% yang berguna untuk meningkatkan fungsi ginjal.
  3. Serat 2,58% – 4,83% yang sangat baik untuk proses pemulihan dan membuat tubuh menjadi lebih bugar.
  4. Protin sebesar 29,00 – 30,00%
  5. Phelandren, berguna untuk melancarkan pengeluaran racun atau toksin dari dalam tubuh. Dimana proses pengeluaran tersebut ialah melalui air kencing.
  6. Borneol, berfungsi untuk membantu proses pemulihan kesehatan tubuh setelah sakit.
  7. Turmerol pada temulawak berguna untuk membantu melancarkan proses metabolisme dalam tubuh.
  8. Hampir sama dengan turmerol, pati juga berguna untuk melancarkan proses metabolisme.

Manfaat Temulawak untuk Wajah

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, temulawak juga memiliki manfaat untuk wajah. Berikut manfaat temulawak untuk wajah yang dapat Anda coba.

  1. Meminimalisir keriput pada wajah

Temulawak memiliki kandungan antioksidan yang membuat wajah menjadi lebih muda. Dengan mengonsumsi temulawak secara teratur, rupanya ia snagat bermanfaat untuk memnimalisir keriput pada wajah. Bahkan, meskipun telah nampak adanya keriput pada wajah, temulawak mampu mengangkat kulit mati, serta memperbaiki tektur kulit yang rusak.

  1. Mengatasi Jerawat

Manfaat temulawak untuk wajah lainnya ialah untuk mengatasi jerawat. Temulawak memiliki kandungan untuk antibakteri yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab jerawat yang muncul di wajah.

  1. Menghaluskan Kulit Wajah

Anda ingin memiliki kulit wajah yang halus dan terawat ? Sebaiknya rutin-rutinlah mengonsumsi rebusan temulawak. Selain itu, rutinlah membuat masker temulawak untuk wajah atau juga dapat dijadikan sebagai scrub yang digunakan pada sore atau malam hari.

Manfaat Temulawak Putih

Manfaat Temulawak Putih
Temulawak Putih

Temulawak rupanya memiliki jenis lainnya, yakni temu putih atau yang dikenal dengan nama ilmiah curcuma zedoaria. Tanaman empon-rmpon ini juga memiliki khasiat yang bagus sehingga sering dijadikan sebagai tanaman obat. Berikut manfaat temulawak putih yang perlu Anda ketahui :

  1. Mengurangi gejala sakit maag

Sakit maag biasanya disebabkan adari konsumsi atau pola makan yang tidak teratur, sehingga memicu kelebihan asam lambung. Dalam hal ini, temulawak putih mampu mengurangi gejala sakit maag jika penderitanya mengonsumsi air rebusan temu putih yang dicampurkan dengan madu secara rutin 2 kali sehari.

  1. Mengobati Miom

Miom merupakan tumor jinak yang tumbuh pada otot dinding rahim wanita. Tumor jinak tersebut menyebabkan berbagai permasalahan, diantaranya ketidaknyamanan panggul, pendarahan berat, terhalangnya jalan lain, kelainan letak bayi dan plasenta dan masih banyak lagi. Dengan mengonsumsi ramuan temu putih yang dicampurkan dengan temu mangga dan dikonsumsi 2/3 gelas rutin 3 kali dalam sehari setelah makan, ramuan tersebut sangat ampuh untuk mengobati miom.

  1. Melancarkan peredaran darah

Bagi Anda yang ingin memperlancarkan peredaran darah, sebaiknya mengonsumsi ramuan temu putih. Kandungan senyawa kimia pada temu putih mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Manfaat Sabun Temulawak

Manfaat Sabun Temulawak
Sabun Temulawak

Kandungan temulawak yang sangat baik untuk kulit wajah, membuat para ahli mengolah temulawak untuk dijadikan sebagai sabn. Sabun temulawak tersebut memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kulit, terutama kulit wajah.

  1. Membersihkan kotoran wajah

Sabun temulawak mampu membersihkan berbagai kotoran yang menempel pada wajah, baik berupa debu akibat polusi udara atau pun sisa make up. Kandungan yang dimiliki oleh temulawak yang diolah menjadi sabun mampu membersihkan kotoran yang menempel pada wajah sebersih mungkin.

  1. Membasmi bakteri dan kuman pada wajah

Khasiat lain dari sabun temulawak ialah mampu membasmi bakteri dan kuman pada wajah. Hal tersebut tidak lain karena adanya kandungan anti septic yang dimiliki oleh sabun temulawak.

  1. Menghilangkan bekas luka

Wanita memandang kulit wajah yang sehat ialah kulit wajah yang terhindar dari jerawat, flek hitam dan bekas luka. Untuk membuat wajah menjadi bersih dan terhindar dari hal-hal tersebut, langkah yang tepat ialah menggunakan produk kecantikan yang tepat, yakni sabun temulawak. Sabun temulawak memiliki kandungan yang mampu menghilangkan flek hitam dan bekas luka pada kulit.

Manfaat Cream Temulawak

Manfaat Cream Temulawak
Cream Temulawak

Selain sabun, temulawak juga seringkali diolah menjadi cream untuk membuat kulit menjadi lebih bersih dan mulus. Cream temulawak yang diproses secara higienis memiliki komposisi dan dosis yang tepat. Selain itu, cream temulawak yang baik tidak memiliki kandungan bahan kimia berbahaya yang mampu memberikan efek samping yang berikut. Manfaat cream temulawak ialah sebagai berikut.

  1. Mengecilkan pori-pori wajah
  2. Bertindak sebagai anti aging, yakni memperlambat proses penuaan.
  3. Melindungi kulit dari radiasi sinar matahari.
  4. Menjaga atau mempertahankan kulit agar tetap kencang dan elastis.
  5. Menyamarkan kerutan pada wajah, sehingga tampak lebih muda.

Pencarian Manfaat Terbanyak

  • manfaat temulawak untuk kulit tubuh
  • Kasian temu ireng atau temu lawak buwat manusia
  • manfaat minum rebusan temulawak mlm
  • manfaat minum temulawak di malam hari
  • MANFAAT sabun muka temulawak
  • minum temulawak malam hari
  • rahasia temu lawak
  • temu lawak bagus untuk tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *