Manfaat Puasa Ramadhan
Puasa Ramadhan

11 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat Puasa Ramadhan – Puasa di bulan ramadhan sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang islam. Di bulan ramadhan kita dilatih untuk mengatur diri dengan harapan setelah bulan ramadhan kita bisa menjadi lebih baik. Di dalam bulan ramadhan kita tidak hanya menjaga makan dan minum, melainkan kita juga diajarkan untuk disiplin dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Selama bulan puasa menjaga makan dan minum tidak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Meskipun tidak minum sepanjang hari bisa menyebabkan kosentrasi kita menurun dan menimbulkan dehidrasi, namun di tubuh kita memiliki konservasi air sendiri. Secara medis berpuasa di bulan ramadhan memiliki berbagai manfaat. Pola makan seperti asupan gizi dan kalori orang berpuasa semakin teratata dan tercukupi.

Manfaat puasa ramadhan baik menurut medis ataupun psikologi sangat banyak. Manfaat psikologis puasa di bulan ramadhan yaitu mampu mendapatkan kedamaian dan ketenangan jiwa bagi siapapun yang menjalankannya. Karena kita semakin bisa meminimalisir emosi yang ada di dalam diri kita, sehingga tingkat permusuhan bisa menurun. Sedangkan manfaat secara medis salah satunya yaitu bisa mengobati penyakit ringan hingga berat, khususnya dapat menurunkan gula darah dan menurunkan kolesterol.

Manfaat Puasa Ramadhan
Puasa Ramadhan

Lalu apa sajakah manfaat puasa lainnya? Nah untuk lebih jelasnya berikut beberapa manfaat puasa di bulan ramadhan :

Puasa Menurunkan Kolesterol

Berat badan turun saat berpuasa bukan lagi hal yang aneh saat kita berpuasa di bulan ramadhan. Saat kita berpuasa terjadi yang namanya pengurangan kolestrol, asalkan makanan yang kita makan adalah makanan sehat yang tercukupi gizi hingga kalorinya. Kolesterol yang rendah meningkatkan kesehatan jantung, sehingga bisa mengurangi resiko terkena stroke hingga penyakit jantung.

Menurunkan Darah Tinggi

Puasa menjadi salah satu metode untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Selama kita berpuasa kandungan glukosa dan lemak digunakan untuk menghasilkan energi. Hormon ketakutan seperti adrenalin dan non-adrenalin yang berkurang membuat metabolisme di dalam tubuh kita semakin stabil, sehingga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Nah manfaat satu ini pasti tidak banyak yang mengetahui, bahkan banyak juga yang menganggapnya mitos. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Amerika Serikat, menemukan bahwa fokus mental yang dicapai ketika berpuasa meningkat. Sehingga neutropik yang diturunkan dari otak menghasilkan sel-sel otak yang lebih banyak, sehingga mampu meningkatkan fungsi otak. Selain itu penurunan hormon kortisol menyebabkan penurunan tingkat stres selama bulan ramadhan.

Menyerap Lebih Banyak Nutrisi

Dengan tidak makan dan minum sepanjang hari, bukan berarti nutrisi dan gizi kamu tidak tercukupi. Karena saat menjalankan puasa metabolisme kamu menjadi lebih efisien, yang berarti jumlah nutrisi yang kamu serap dari makanan semakin banyak. Hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon adiponectin yang diproduksi oleh makanan saat malam hari. Dengan begitu kesehatan tubuh kita semakin terjaga dan nutrisi yang diserap organ yang membutuhkan semakin banyak.

Mengurangi Gula Darah

Manfaat kesehatan lainnya saat berpuasa yaitu mampu mengurangi gula darah. Sebab glukosa di dalam tubuh mampu dijadikan menjadi energi. Sehingga insulin yang berada di pankreas bisa berkurang. Oleh karena itu berpuasa bisa mengurangi gula darah di dalam tubuh kita.

Baca Juga : 16 Manfaat Wedang Jahe untuk Kesehatan, Diet, Suara, Dll

Diet Sehat

Selain bisa membersihkan tubuh dari berbagai macam penyakit, puasa juga bisa menjadi alternatif diet. Saat kita berpuasa pasti konsumsi makanan kita semakin berkurang, sehingga menyebabkan perut anda semakin menyusut. Ketika nafsu makan kita menurun dari sebelumnya, maka dapat memungkinkan untuk meminimalisir kita mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

Meningkatkan Imunitas

Saat berpuasa imunitas di dalam tubuh kita semakin meningkat, hal itu disebabkan penghapusan lemak dan racun yang ada di tubuh. Saat berpuasa kita juga dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan, kandungan vitamin yang ada di buah-buahan bisa membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi pola makan saat berpuasa harus diperhatikan agar manfaat puasa bagi kesehatan kita lebih terasa.

Membuang Kebiasaan Buruk

Saat berpuasa di bulan ramadhan, khususnya di siang hari mampu membuang kebiasaan buruk kita. Karena di siang hari adalah jam istirahat baik untuk orang kerja maupun siswa sekolah. Di siang hari kebiasaan buruk yang dilakukan biasanya seperti merokok, minum dan makan manis yang bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan kita. Saat berpuasa kita bisa meninggalkan kebiasaan itu, jadi secara perlahan kamu bisa membuang kebiasaan buruk yang selama ini kamu lakukan. Bahkan salah satu agency di Inggris merekomendasikan bahwa bulan ramadhan adalah waktu yang ideal untuk parit merokok.

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Ketika kita berpuasa organ-organ pencernaan akan beristirahat. Secara tidak sadar berpuasa adalah bentuk latihan yang bisa menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Sehingga saat beraktivitas makanan yang kamu konsumsi akan menjadi energi yang akan diolah secara bertahap. Akan tetapi produksi asam lambung saat puasa tidak berhenti, jadi untuk kamu yang memiliki penyakit yang berhubungan dengan asam lambung disarankan berhati-hati disaat bulan ramadhan tiba. Sehingga kamu bisa lebih mengatur pola makan yang tidak membahayakan tubuh ketika berpuasa.

Meningkatkan Kadar Lemak “Baik”

Selain mengatur pola makan saat berpuasa, berolahraga juga sangat disarankan. Karena berolahraga saat berpuasa bisa menyehatkan tubuh kita, dan mencegah dari berbagai macam penyakit. Saat berpuasa kita juga bisa meningkatkan lemak baik di dalam tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti kacang-kacangan, kurma, dan berbagai makanan lainnya.

Dengan berpuasa kita juga bisa mengurangi kebiasaan kita mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti mentega, makanan cepat saji, lemak babi, dan berbagai macam daging berlemak. Namun kebiasaan olahraga saat berpuasa pasti berkurang, karena energi yang dihasilkan juga terbatas. Akan tetapi kamu bisa menggantikan dengan sholat tarawih. Sebab gerakan sholat tarawih setara dengan aktivitas fisik yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan kadar lemak baik di dalam darah.

Membersihkan Racun

Yang terakhir, manfaat puasa bagi kesehatan yaitu mampu membersihkan racun yang ada di dalam tubuh. Makanan yang selama ini kita konsumsi pasti memiliki zat tambahan yang bisa menjadi racun. Sebagian besar racun yang ada di dalam tubuh akan tersimpan di dalam lemak. Saat berpuasa, lemak akan terbakar lebih banyak ketika kita beraktivitas. Dengan begitu racun yang ada akan keluar melalui keringat hingga saluran pencernaan

Selain bermanfaat bagi kerohanian kita, ternyata manfaat puasa bagi kesehatan juga sangat banyak. Maka wajar jika banyak orang yang berpuasa meskipun tidak dibulan ramadhan. Karena manfaat puasa untuk kesehatan sangat banyak, mulai dari menjaga kesehatan hingga menjadi obat dari berbagai macam penyakit. Jadi untuk kamu yang selama ini berpuasa dan menganggap tidak ada manfaatnya kamu salah besar. Tapi, saat berbuka puasa kamu juga harus mengatur pola makan, agar manfaat puasa kamu lebih maksimal.

Nah itu tadi informasi mengenai manfaat puasa di ramadhan. Tak hanya bermanfaat untuk kerohanian, ternyata manfaat untuk kesehatan juga sangat banyak. Semoga artikel diatas bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua yang akan menghadapi puasa di bulan ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *