Manfaat Petai Cina
Petai Cina

14 Manfaat Petai Cina yang Belum Banyak Diketahui

Posted on
Manfaat Petai Cina
Petai Cina

Manfaat Petai Cina – Petai cina atau lamtoro adalah tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis. Penjajah Eropa banyak menyebarkan di pulau Jawa dan pulau-pulau lain di Indonesia. Di daerah yang subur, tumbuhan ini dapat dengan cepat tumbuh mencapai tinggi ukuran antara 13 – 18 dalam waktu 3 sampi 5 tahun.

Manfaat Petai Cina

Manfaat petai cina banyak digunakan dalam aspek kehidupan. Tumbuhan ini biasanya banyak dimanfaatkan sebagai pohon pelindung atau peneduh dan pencegahan erosi. Kayu lamtoro banyak disukai sebagai kayu api, karena terbakar dengan lambat tapi menghasilkan asap dan abu yang sedikit. Ranting dan daun muda lamtoro dapat digunakan sebagai pakan ternak dan sumber protein yang baik. Daun dan polong yang masih muda biasa digunakan sebagai lalapan atau dimasak dahulu. Biji petai cina dapat diolah sebagai pengganti kedelai, dengan nilai gizi yang setara dengan kedelai.Biji yang sudah tua dapat disangrai sebagai pengganti kopi dengan bau harum yang lebih tajam dari kopi. selain pengganti kopi, biji yang sudah tua  tapi belum menghitam biasa digunakan sebagai campuran pecal dan botok.

Nama Lain Petai Cina

Lamtoro atau petai cina merupakan sejenis perdu dari suku Fabaceae (Leguminosae, polong-polongan). Nama lain petai cina dikenal juga dengan sebutan seperti metir,lamtoro gung, plandingan dan di Malaysia tumbuhan ini dikenal juga dengan sebutan petai belalang.

Manfaat Petai Bagi Kesehatan

Bersumber dari berbagai media, terdapat banyak kandungan yang terdapat pada tumbuhan ini, diantaranya berbagai vitamin seperti C, A, dan B1. Selain itu juga banyak mengandung karbohidrat, lemak, zat besi, fosfor, kalsium dan protein. Terdapat juga senyawa berupa tanin, flavanoid dan saponin. Banyaknya kandungan yang terdapat didalamnya, terdapat berbagai manfaat sayur petai bagi kesehatan, diantaranya yaitu :

  1. Sebagai pencegah penuaan dini, hal ini cocok bagi para wanita yang tidak PD karena terjadi penuaan dini pada wajahnya. Tahukah anda bahwa petai cina mengandung vitamin C dan flavonoid yang dapat membantu untuk meregenerasi dan mengencangkan kulit anda sehingga terlihat lebih muda dari usianya. Sementara ada zat tanin yang juga mampu berperan aktif untuk membantu kulit menjadi lebih halus.
  2. Membantu terhindar dari trombus, kandungan favonoid yang ada pada petai cina sangat membantu untuk sel darah merah bisa mengalir lancar tanpa terjadinya penggumpalan, sehingga sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai penghindar dari trombus.
  3. Melancarkan haid, haid atau datang bulan yng tidak lancar merupakan suatu kendala yang dialami wanita. Untuk mengatasi hal ini, rajinlah mengkonsumsi petai cina karena dapat membantu untuk melancarkan haid, kandungan vitamin A pada petai cina dapat membantu untuk membersihkan darah kotor.
  4. Sebagai pencegah diare, keadaan penyakit diare cukup mengganggu dan membuat rasa tidak nyaman bagi siapapun yang menderitanya. Hal ini membuat banyak aktivitas terganggu karena kita harus sering-sering ke kamar mandi. Petai mengandung flafonoid dan tanin yang membantu untuk mengeraskan dinding lambung supaya bisa mengurangi keluar masuknya cairan dalam usus seperti diare.
  5. Membantu mencerdaskan, Sistem sarah yang baik tanda-tandanya adalah membaiknya pula tingkat kecerdasan otaknya. Sistem sarah sendiri merupakan salah satu fungsi tubuh yang membutuhkan vitamin B1, oleh karena itu kita harus memenuhi kebutuhan vitamin B1 ini pada sistem sarah untuk memicu kecerdasan, dimana petai cina tersebut kaya akan vitamin B1 dan vitamin lainnya.
  6. Menjadikan sistem imun lebih kebal, tahukah anda bahwa kandungan flafanoid dan vitamin A & C pada petai cina dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan atau sistem imun tubuh sehingga baik dikonsumsi bagi para penederita alergi.
  7. Pencegah penyakit diabetes, anda dapat mengkonsumsi petai cina secara rutin untuk menghindari penyakit diabetes yang dapat merenggut nyawa, diabetes merupakan keadaan kandungan kadar gula dalam darah tinggi sehingga dengan mengkonsumsi buah petai cina yang mengandung saponin dapat mencegah mengatasi masalah penyakit diabetes.
  8. Penawar racun, rupanya manfaat lain yang bisa didapatkan dari makanan petai cina ini bisa dijadikan sebagai penawar racun karena mengandung tanin.
  9. Antioksidan, mengandung vitamin A dan C, flavonoid, tanin dan saponin maka petai memiliki peran aktif sebagai antiosidan dan menangkal radikal bebas
  10. Anti bakteri dan virus, memiliki kandungan tanin yang sangat baik sebagai pencegah dari bakteri dan viamin C serta flavonoid yang membantu usir virus ini bisa membuat tubuh kita terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Nah itulah tadi manfaat yang bisa diambil dari buah petai cina, tidak sulit untuk bisa mendapatkan buah ini. Anda bisa mencarinya di pasaran atau di perkebunan/pertanian yang menanam buah petai cina. Banyak tumbuh di pulau Jawa.

BACA JUGA : 9 Manfaat Bawang Putih Tunggal Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat Petai untuk Ginjal

Tahukah anda, selain Manfaat Petai Cina diatas, rupanya tidak banyak orang yang mengetahui tentang manfaat petai untuk ginjal yang penting untuk diketahui. Ginjal merupakan organ penting di dalam tubuh sehingga perawatannya perlu dijaga agar kita bisa tetap hidup sehat.

Mengkonsumsi petai secara rutin bisa membantu untuk meningkatkan kinerja ginjal dalam tubuh. Rupanya, petai mengandung polisulfida siklik yang memiliki sifat anti bakteri dan jamur, sehingga dapat membantu untuk membunuh bakteri yang bisa mengganggu fungsi ginjal dan dapat menyebabkan peradangan pada ginjal anda. Manfaat lainnya untuk ginjal adalah sebagai pencegah penyakit anemia, dapat mengurangi kolesterol, pencegah penyakit diabetes, pencegah terjadinya infeksi, sebagai obat penyakit jantung, mencegah kanker ginjal, mencegah penyempitan pembuluh darah dan masih banyak lagi fungsi lain untuk ginjal anda sehingga ginjal tetap terawat dan sehat.

Petai Cina untuk Diabetes

Diabetes merupakan sebuah penyakit yang paling banyak ditakuti manusia karena dapat berdampak kematian. Diabetes sendiri merupakan suatu keadaan dimana kadar gula dalam darah lebih tinggi dari keadaan normal umumnya. Keadaan seperti ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi petai cina. Rupanya, petai cina untuk diabetes sangat baik karena mengandung saponin yang dapat mencegah penyakit diabetes khususnya diabetes tipe 2. Sehingga jika tidak ada diabetes maka organ lain seperti ginjal tidak akan terjadi gangguan.

Petai Cina untuk Obat Kuat

Perlu diketahui pula bagi pria bahwa petai cina ini memiliki manfaat penting bagi alat vital. Bagi para pria yang memiliki masalah dalam hal vital atau kejantanan maka dapat memanfaatkan buah petai cina untuk obat kuat. Kandungan yang terdapat pada petai cina seperti mimosin, leukanin, leukanol serta protein. Sementara daunnya memiliki kandungan alkaloin, saponin, flavonoid, tanin, protein, lemak, kalsium, fosfor, besi serta vitamin A, B1 dan Vitamin C yang sangat baik dimanfaatkan sebagai obat-obatan alami serta obat kuat yang tanpa mengandung bahan kimia berbahaya.

Untuk membuat obat kuat dari petai cina ini, anda perlu menjemur petai hingga kering, lalu tumbuh sampai petai cina menjadi halus, tumbuk dengan merica lalu aduk hingga rata. Tambahkan kuning telur dicampur rata, anda bisa menambahkan madu murni pada ramuan tersebut, jika sudah jadi maka bisa langsung meminum ramuan obat kuat yang dibuat dari petai cina ini.

Efek Samping Petai Cina

Kebanyakan orang memang tidak suka makan petai karena akan ada efek samping yang tak menyenangkan. Rupanya, efek samping petai cina bisa menimbulkan bau tak sedap di mulut. Aroma yang luar biasa ditimbulkan oleh petai ini, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan bau tak sedap di mulut. Tidak hanya itu saja, bahkan jika dikonsumsi berlebihan bisa meningkatkan kadar asam urat, membuat kentut lebih bau pusing dan sakit kepala.

Khasiat Daun Petai

Petai cina tidak hanya memiliki manfaat pada bagian buahnya saja namun khasiat daun petai juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai aspek kesehatan. Diantaranya dapat menguranagi terjadinya nyeri pada luka dan bengkak, mencegah penyakit diabetes melitus, mengurangi resiko penyakit kanker karena memiliki penangkal radikal bebas yang cukup baik, meningkatkan gairah seksualitas karena bisa dijadikan ramuan obat kuat, sebagai perawatan kulit wajah wanita, meredakan nyeri otot dan sendi serta masih banyak lagi manfaat lain yang bisa diperoleh dari petai cina ini.

Demikian informasi mengenai Manfaat Petai Cina yang bisa kami berikan semoga bisa bermanfaat bagi anda.

Pencarian Manfaat Terbanyak

  • manfaat petai cina
  • manfaat pete cina
  • manfaat petai cina dan efek sampingnya
  • petai cina
  • khasiat petai cina untuk pria
  • https://pengertianmanfaat com/manfaat-petai-cina/
  • manfaat daun petai cina
  • khasiat lalapan petai cina
  • kasiat petai cina untuk pria
  • Khasiat Petai Cina

2 thoughts on “14 Manfaat Petai Cina yang Belum Banyak Diketahui

  1. Min, boleh tahu referensi nya dari mana? Terimakasih

    1. dari banyak sumber, mbak, termasuk penelitian ilmiah. Salah satunya adalah PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI EKSTRAK DAUN PETAI CINA (Leucena leucocephala) TERHADAP DIAMETER ZONA HAMBAT PERTUMBUHAN BAKTERI Shigella dysentriae (DIMANFAATKAN SEBAGAI SUMBER AJAR BIOLOGI)

      WAHYUNI, BILLY DWI (2018) PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI EKSTRAK DAUN PETAI CINA (Leucena leucocephala) TERHADAP DIAMETER ZONA HAMBAT PERTUMBUHAN BAKTERI Shigella dysentriae (DIMANFAATKAN SEBAGAI SUMBER AJAR BIOLOGI). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *