Manfaat Okra Merah
Source : www.kliniksehat.com

8 Manfaat Okra Merah, Hijau, Efek Samping dan Harganya

Posted on

Manfaat Okra Merah – Sebagian dari Anda mungkin belum mengenal sayuran bernama okra. Sayuran ini memiliki kandungan dan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Manfaat dari sayuran ini sudah banyak dirasakan oleh orang dari berbagai belahan dunia. Kali ini akan dibahas mengenai okra merah yang menyimpan banyak manfaat untuk tubuh Anda.

Okra Merah Adalah

Tak kenal maka tak sayang, pepatah ini memang patut disematkan ketika Anda mengetahui suatu hal baru. Sebelum membahas lebih lanjut tentang si buah okra merah ini sebaiknya Anda tahu dulu sebenarnya apa itu okra merah. Jadi, okra merah ini adalah sejenis tanaman yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. Tanaman ini memiliki nama latin Abelmoschus esculentus. Buah okra merah berbentuk seperti jari tangan dengan ujung yang runcing. Bentuknya yang menyerupai jari ini membuat okra dalam bahasa inggris sering disebut sebaga lady finger. Sebenarnya tidak hanya bewarna merah, buah okra juga ada yang berwarna hijau. Saat ini kedua jenis okra ini sudah bisa Anda peroleh di swalayan tanah air dengan cukup mudah. Kandungan yang paling mencolok dari okra merah ini adalah kandungan protein dan seratnya yang baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Okra Merah
Source : www.kliniksehat.com

Cara Mengkonsumsi Okra Merah

Okra merah sebaiknya dikonsumsi dalam kondisi masih segar agar kandungan serta dan senyawa bermanfaat lain di dalamnya tidak berkurang. Okra merah bisa dikonsumsi mentah ataupun diolah menjadi campuran makanan karena termasuk dalam bahan alami yang sehat. Okra merah ini pun bisa dikonsumsi dengan tujuan untuk diet dengan cara dibuat menjadi infused water yang bisa dikonsumsi dengan mudah. Konsumsi air rendaman okra merah ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum sarapan.

Cara Mengolah Okra Merah

Okra merah bisa diolah menjadi berbagai macam bentuk sesuai dengan selera Anda. Seperti sudah disinggung sedikit sebelumnya bahwa okra merah bisa juga dijadikan infused water untuk tujuan diet. Berikut ini beberapa cara pengolahan okra merah yang bisa Anda coba di rumah:

  • Infused Water Okra Merah

Langkah pengolahannya diawali dengan mencuci okra merah hingga benar-benar bersih. Pastikan Anda mencuci dengan menyeluruh karena okra ini rentan memliki residu pestisida. Setelah bersih kemudian potong okra merah menjadi beberapa bagian dan masukkan ke dalam air. Biarkan air campuran okra tadi selama beberapa jam kemudian minum.

  • Diolah menjadi aneka makanan

Okra merah memiliki kandungan lendir yang terkadang kurang disukai oleh sebagian orang. Oleh karena itu diperlukan teknik khusus dalam  pengolahannya menjadi hidangan agar lendir di dalamnya bisa hilang sempurna. Okra merah ini bisa dimasak dalam bentuk oseng-oseng ataupun variasi hidangan lain dengan campuran aneka bumbu dan rempah sesuai dengan selera Anda.

Efek Samping Okra Merah

Di samping kandungan manfaatnya yang beragam, okra merah juga memiliki efek samping tersendiri jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Okra merah memiliki kandungan oksalat yang jika jumlahnya terlalu banyak di dalam tubuh justru bisa mengganggu kondisi ginjal dan batu empedu. Disarankan untuk para penerita penyakit ginjal dan batu empedu untuk mengatur konsumsi okra merah ini supaya tidak berdampak negatif bagi kesehatan.

Selain efek samping dari oksalat, okra merah juga bisa mengakibatkan peningkatan kadar kolesterol darah jika diolah dengan cara yang kurang tepat. Secara umum, okra merah ini baik dikonsumsi asalkan dalam jumlah yang wajar dan dengan cara mengolah yang benar.

Baca Juga : 11 Manfaat Wedang Uwuh, Cara Penyajian, dan Efek Sampingnya

Budidaya Okra Merah

Budidaya tanaman okra merah sebenarnya tidak jauh berbeda dengan budidaya tanaman sayur lainnya. Hal yang perlu Anda perahatikan adalah syarat-syarat kondisi lingkungan yang dikehendaki tanaman okra merah agar bisa tumbuh dengan optimal, di antaranya:

  • Lokasi harus terpapar langsung oleh sinat matahari tidak kurang dari 7 jam sehari
  • Kandungan unsur hara dalam tanah tinggi dan mudah diserap tanaman
  • Tidak sulit mendapatkan sumber air
  • pH tanah cenderung netral pada kisaran 6,5-7,5
  • Tanah tidak tergenang

Selebihnya proses budidaya mulai dari persiapan lahan hingga pemanenan tidak terlalu sulit dilakukan. Anda perlu memperhatikan pemberian pupuk dengan baik agar tanaman bisa tumbuh dan berbuah dengan sempurna. Penyiraman juga harus dilakukan dengan rutin jangan sampai tanaman dibiarkan kekurangan air yang bisa berakibat pada pertumbuhannya.

Perbedaan Buah Okra Merah dan Hijau

Kedua jenis okra ini pada dasarnya memiliki kandungan yang hampir sama, yang berbeda selain dari warnanya adalah kandungan pigmen di dalamnya. Jika dilihat dari pigmen yang dikandung, okra merah kemungkinan memiliki kandungan pigmen aktioksidan lebih tinggi.

Manfaat Buah Okra Hijau

Secara garis besar manfaat yang dikandung oleh okra hijau ini tidak berbeda dengan okra merah sebab senyawa yang dimiliki keduanya pun tidak berbeda jauh.

Harga Okra Merah

Harga dari okra merah sendiri bervariasi tergantung ketersediaan serta lokasi pembelian. Anda bisa membeli okra merah yang sudah berbentuk buah dan siap dikonsumsi ataupun membeli okra merah dalam bentuk benih untuk dibudidayakan sendiri di rumah. Harga buah okra dan benih okra tentunya berbeda.

Manfaat Okra Merah untuk Diabetes

Okra merah sudah terbukti memiliki manfaat yang baik untuk para penderita diabetes. Sebuah penelitian dengan objek tikus sudah pernah dilakukan untuk mengetahui manfaat ini. Ternyata ada beberapa hal penting yang menjadikan okra merah baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes, di antaranya:

  • Kandungan serat okra merah yang tinggi membantu memperkuat sensitivitas tubuh terhadap insulin

Seperti sudah umum diketahui bahwa para penderita diabetes sebaiknya mengkonsumsi makanan kaya serat. Nah, okra ini adalah salah jenis sayur dengan kandungan serat yang baik bagi tubuh.

  • Menurunkan kadar kolesterol yang cenderung tinggi pada penderita diabetes

Para penderita diabetes tidak jarang juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Jika kedua kondisi ini menjadi satu maka kondisi tubuh akan semakin tidak baik. Konsumsi okra merah diketahui juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Manfaat Okra Merah untuk Kesehatan

Okra merah mempunya manfaat luar biasa untuk kesehatan. Tak hanya satu, ada beberapa manfaat sekaligus yang bisa Anda peroleh dari konsumsi sayuran yang satu ini, diantaranya;

  • Membantu mengontrol kadar gula darah

Manfaat ini membuat okra merah baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Khasiat ini disebabkan karena okra merah ternyata mampu menghambat penyerapan glukosa dalam tubuh sehingga kadar gula dalam darah lebih bisa terkontrol.

  • Memperlancar sistem pencernaan

Konsumsi okra merah bisa membantu Anda melancarkan sistem pencernaan diantaranya melancarkan buang air besar dan mencegh sembelit. Okra merah memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk saluran pencernaan Anda.

  • Memperkuat sistem imun tubuh

Sistem kekebalan tubuh perlu dijaga dengan baik agar Anda tidak mudah teserang penyakit. Konsumsi okra merah bisa membantu Anda memperkuat sistem imun tubuh berkat kandungan vitamin C di dalamnya.

  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Terdapat sebuah studi ilmiah yang tercantum dalam The Journal of Federation of America yang membahas mengenai manfaat okra merah untuk menurunkan kolesterol.

  • Menjaga kesehatan paru-paru

Manfaat okra merah untuk tubuh selanjutnya adalah menjaga kesehatan organ pernapasan paru-paru. Kandungan flavonoid di dalam okra merah ini berfungsi sebagai antioksidan yang mempu melindungi organ-organ dalam tubuh termasuk paru-paru.

Itu tadi sekilas mengenai okra merah dan manfaatnya. Sayuran buah kaya manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan kisaran harga dari Rp40.000,00 hingga Rp60.000,00 per kilogramnya. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi pasaran.

Pencarian Manfaat Terbanyak

  • perbedaan tanaman okra merah dan hijau

2 thoughts on “8 Manfaat Okra Merah, Hijau, Efek Samping dan Harganya

  1. Saya baru tau lho kalau tumbuhan ini bisa dikonsumsi, dan ternyata banyak sekali manfaatnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *