Manfaat Minyak Kemiri
Minyak Kemiri

22 Manfaat Minyak Kemiri untuk Tubuh, Wajah dan Rambut

Posted on
Manfaat Minyak Kemiri
Minyak Kemiri

Manfaat Minyak Kemiri – Siapa yang tidak mengenal minyak kemiri ? Minyak kemiri merupakan minyak yang diperoleh dari ekstraksi biji kemiri. Dimana biji kemiri tersebut dihasilkan dari pohon kemiri yang berasal dari Hawai, namun saat ini telah banyak tumbuh di negara tropis, salah satunya di Indonesia.

Manfaat Minyak Kemiri

Manfaat yang paling banyak dirasakan dari biji kemiri ialah untuk perawatan rambut. Kendati demikian, ia juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan perawatan kulit.

  1. Mencegah pembentukan kolesterol jahat pada tubuh

Minyak kemiri memiliki kandungan yang sangat baik untuk mengatasi masalah organ tubuh. Adapun kandungan baik tersebut ialah zat fitosterol yang berkemampuan untuk merusak enzim yang membentuk kolesterol jahat pada tubuh, terutama organ hati.

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Tidak perlu diragukan lagi jika minyak kemiri berkemampuan untuk mengatasi gangguan pencernaan, contohnya masalah diare dan gangguan buang air besar. Manfaat minyak kemiri yang dirasa sangat berkhasiat membuat minyak kemiri mulai dimanfaatkan untuk pembuatan obat tradisional yang dijual di apotek atau toko obat-obatan.

  1. Mencerahkan kulit

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan organ tubuh, minyak kemiri juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Minyak kemiri berkhasiat untuk membantu proses pengangkatan sel kulit mati, sehingga kulit akan lebih putih, bersih dan cerah secara alami.

  1. Mengatasi kulit keriput

Mengoleskan minyak kemiri pada kulit rupanya mampu mengatasi kulit keriput dengan pemijatan ringan yang dilakukan secara teratur. Dengan demikian, kulit akan terlihat lebih muda dan rileks.

Cara Membuat Minyak Kemiri

Mencari minyak kemiri bukanlah menjadi sesuatu yang sulit karena saat ini produk tersebut telah dijual di pasaran dalam kemasan botol. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat membuat sendiri di rumah karena proses pembuatannya terbilang cukup mudah.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat minyak kemiri tentu saja buah kemiri segar. Perlu diketahui, tiap biji kemiri sendiri memiliki kandungan minyak yang cukup besar, yakni 55 hingga 56 persen. Berikut cara membuat minyak kemiri yang dapat Anda coba di rumah.

  1. Ambil biji kemiri secukupnya kemudian cuci terlebih dahulu.
  2. Haluskan biji kemiri yang telah dicuci, kemudian campurkan dengan air putih.
  3. Saringlah campuran biji kemiri yang telah dihaluskan dengan air putih tersebut dengan menggunakan saringan dari kain halus. Hal ini bertujuan agar ampas kemiri tidak terbawa, sehingga akan memperoleh minyak kemiri yang bersih.
  4. Masaklah saringan air tersebut dengan api sedang. Gunakanlah panci yang bersih untuk proses pemasakan tersebut.
  5. Aduk-aduk hingga air menguap ketika proses pemasakan. Hal ini bertujuan agar hanya minyak yang tersisa.
  6. Setelah dingin, saringlah kembali minyak kemiri dengan kain yang bersih.
  7. Simpanlah minyak kemiri dalam botol kaca atau beling.
  8. Minyak kemiri pun siap untuk digunakan.

Harga Minyak Kemiri

Bagi Anda yang tengah mencari minyak kemiri di pasaran, tidak perlu khawatir akan merogoh kocek yang dalam. Pasalnya, harga minyak kemiri terbilang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 10 ribuan tergantung merk dan isi dari minyak tersebut.

  1. Minyak Kemiri Al Khodry 125 ml – Rp 18.000
  2. Minyak Kemiri Asli Cap Kepala Botak – Rp 32.500
  3. Minyak Kemiri Sari Plus Al Khodry Gold – Rp 54.000
  4. Kemiri Oil Asli 100% – Rp 48.000
  5. Kukui Minyak Kemiri dengan Minyak Argan 100 ml (2 pcs) – Rp 91.000

Baca Juga : 19 Manfaat Temulawak yang Sangat Berguna Bagi Tubuh Anda

Cara Pakai Minyak Kemiri

Untuk mendapatkan dan merasakan khasiat dari minyak kemiri, tentu harus memperhatikan cara pakai yang tepat. Berikut cara pakai minyak kemiri yang benar untuk kesehatan rambut.

  1. Jangan berlebihan

Gunakan minyak kemiri secukupnya dan jangan berlebihan. Pasalnya, penggunaan minyak kemiri yang berlebihan tidak akan membuat rambut menjadi subur. Lakukanlah proses ini secara rutin dan teratur.

  1. Pijat lembut kulit kepala

Setelah mengoleskan minyak kemiri pada kulit kepala, lakukanlah pijatan lembut. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan khasiat dari minyak kemiri tersebut, serta membuat kulit kepala menjadi lebih rileks.

  1. Diamkan

Setelah melakukan pijatan lembuat pada kulit kepala, diamkanlah beberapa saat, yakni sekitar 45 menit hingga 2 jam. Proses ini bertujuan agar kandungan yang dimiliki oleh minyak kemiri dapat terserap ke dalam kulit kepala dengan baik.

  1. Bilas hingga bersih

Setelah didiamkan beberapa saat, bilaslah rambut hingga bersih. Lakukanlah perawatan ini secara rutin untuk memperoleh hasil yang optimal.

Kandungan Minyak Kemiri

Kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh dan rambut, minyak kemiri rupanya memiliki kandungan yang baik. Berdasarkan dari sebuah penelitian, berikut kandungan minyak kemiri yang perlu Anda ketahui :

  1. Asam linoleic

Minyak kemiri memiliki kandungan asam linoleic sebesar 40%. Dimana asam linoleic sendiri merupakan asam lemak tak jenuh omega-6 yang sering dimanfaatkan untuk pembuatan produk kecantikan. Hal tersebut disebabkan asam linoleic bersifat antiradang yang mampu mengurangi risiko munculnya jerawat, serta melembabkan wajah.

  1. Asam oleic

Asam oleic yang dikandung oleh minyak kemiri ialah sebesar 15%. Asam oleic sendiri merupakan jenis asam lemak yang terdapat pada tumbuhan dan binatang, dimana ia dijadikan sebagai komponen utama bahan pengemulsi dalam sabun, pelunak, serta pelarut produk aerosol. Tidak hanya itu, asam oleic yang dikandung oleh minyak kemiri ini juga berkemampuan untuk mengurangi kolesterol jahat yang ada pada tubuh.

  1. Asam linolenic

Asam linolenic merupakan jenis asam lemak omega-3 yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan. Presentase asam linolenic yang dikandung oleh minyak kemiri ialah kurang dari 30%.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Berbicara mengenai minyak kemiri, tidak terlepas dari manfaatnya terhadap rambut. Berikut manfaat minyak kemiri untuk rambut :

  1. Mempertahankan keaslian warna rambut

Minyak kemiri berkemampuan untuk mempertahankan dan menjaga warna rambut agar tetap hitam dan berkilau. Bahkan, tidak hanya warna rambut yang hitam, minyak kemirip juga menjaga warna asli dari warna rambut lainnya, serta mempertajamnya.

  1. Mengurangi kerontokan

Manfaat lain minyak kemiri pada rambut ialah mengurangi kerontokan. Minyak kemiri mampu mengurangi, bahkan mencegah kerontokan pada rambut. Hal tersebut disebabkan adanya mineral dan protein yang terkandung di dalamnya yang berguna untuk memperkuat akar rambut.

  1. Menyuburkan rambut

Minyak kemiri juga dipercaya sebagai penyubur rambut. Memiliki nutrisi yang bagus untuk rambut, minyak kemiri mampu menumbuhkan rambut lebih cepat dan sehat, serta tebal tiap helainya.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Wajah

Tidak hanya bermanfaat untuk rambut, minyak kemiri juga bermanfaat untuk merawat wajah. Berikut manfaat alami minyak kemiri untuk wajah.

  1. Mencegah keriput

Minyak kemiri mampu mencegah keriput pada wajah. Kandungan baik pada minyak kemiri mampu menjaga kulit wajah tetap kencang dan sehat, serta menjaga kelembabannya.

  1. Melindungi wajah dari sinar UV

Pancaran sinar UV, baik UVA dan UVB rupanya memiliki dampak buruk untuk kulit, yakni merusak jaringan kulit. Kandungan senyawa yang dimiliki oleh minyak kemiri mampu melindungi kulit wajah dari sinar matahari ketika beraktivitas pada siang hari.

  1. Mengencangkan kulit wajah

Manfaat lain minyak kemiri ialah mengencangkan kulit wajah. Hal ini tidak terlepas dari kandungan vitamin E yang dimiliki oleh minyak kemiri yang berfungsi sebagai steroid. Steroid tersebut membuat kulit wajah tetap kencang dan kenyal. Tidak hanya kulit wajah, minyak kemiri rupanya juga dapat bermanfaat untuk kulit tubuh.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Alis

Selain rambut dan wajah, minyak kemiri juga memiliki manfaat untuk alis. Alis yang lebat dan tertata rapi menjadi hal yang diidam-idamkan oleh banyak wanita. Alis lebat alami membuat wanita menjadi lebih percaya diri. Hal tersebut dapat mengoleskan minyak kemiri. Berikut manfaat minyak kemiri untuk alis.

  1. Menebalkan alis

Minyak alis memiliki manfaat untuk menebalkan alis secara alami. Hal ini tidak terlepas dari kandungan mineral dan protein yang dimilikinya, dimana ia bermanfaat untuk menyuburkan pertumbuhan alis hingga lebat dan aman.

  1. Menghitamkan alis

Tidak hanya alis yang lebat, alis yang hitam menjadi indikasi yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Oleh karena itu, oleskanlah minyak kemiri pada alis secara teratur untuk membuat alis menjadi lebih hitam dan tumbuh lebat.

  1. Mencegah kerontokan alis

Tidak hanya rambut, alis pun dapat mengalami kerontokan. Jika hal ini berlansung terus-menerus, tentu saja berisiko membuat alis botak. Untuk itu, mulailah untuk melakukan perawatan memperkuat akar-akar alis dengan menggunakan minyak kemiri.

Manfaat Minyak Kemiri Al Khodry

Manfaat Minyak Kemiri Al Khodry
Minyak Kemiri Al Khodry

Bagi Anda yang tidak ingin ribet untuk mengolah kemiri hingga menjadi minyak kemiri, tersedia pula minyak kemiri yang dijual di pasaran. Salah satunya ialah minyak kemiri Al Khodry.

Minyak kemiri Al Khodry terbuat dari kemiri yang berkualitas dengan proses pembuatan yang sedemikian rupa. Berikut manfaat minyak kemiri Al Khodry yang perlu Anda ketahui :

  1. Menyuburkan dan menghitamkan rambut
  2. Mencegah rambut mengalami kerontokan
  3. Menjadikan rambut menjadi lebih sehat
  4. Menghitamkan rambut dan menjadikannya berkilau
  5. Melebatkan dan menghitamkan alis
  6. Melebatkan dan menghitamkan jambang
  7. Melebatkan dan menghitamkan jenggot
  8. Merangsang pertumbuhan bulu-bulu halus pada permukaan kulit
  9. Merangsang pertumbuhan rambut bayi dengan cepat

Pencarian Manfaat Terbanyak

  • Manfaat minyak kemiri
  • kegunaan minyak kemiri
  • khasiat minyak kemiri
  • manfaat minyak kemiri untuk wajah
  • manfaat minyak kemiri bagi rambut
  • https://pengertianmanfaat com/manfaat-minyak-kemiri/
  • Manfaat minyak ke
  • Manfaat minyak kemiri untuk kuli
  • fungsi minyak Kemiri
  • selain untuk rambut untuk apa minyak kemiri

One thought on “22 Manfaat Minyak Kemiri untuk Tubuh, Wajah dan Rambut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *