Manfaat Kunyit Putih untuk Kanker dan Cara Mengolahnya

Posted on

Manfaat Kunyit Putih untuk Kanker – Pengobatan dengan cara alami atau tradisional bisa dijadikan alternatif untuk mengobati berbagai jenis penyakit, baik itu penyakit yang sifatnya akut atau pun kronik. Dalam pengobatan tradisional ini biasanya masyarakat di Indonesia memilih menggunakan rempah-rempah dan tanaman obat lainnya yang dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati jenis penyakit tertentu.

Dari banyaknya rempah-rempah dan tanaman obat yang ada di Indonesia, jenis tanaman obat yang dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati penyakit yaitu kunyit putih. Di dalam kunyit putih kaya akan kandungan zat yang berkhasiat untuk mengobati banyak jenis penyakit, termasuk penyakit kanker. Kunyit putih dipercaya ampuh atasi penyakit kanker karena di dalamnya terdapat kandungan senyawa antioksidan dalam jumlah yang cukup tinggi, ada dua jenis senyawa antioksidan yang terkandung di dalam kunyit putih yaitu senyawa flavonoid dan kurkumin.

Flavonoid dan kurkumin adalah jenis senyawa antioksidan yang dapat berperan penting dalam mencegah dan menghambat proses pembentukan serta perkembangan kanker di dalam tubuh. Bahkan berdasarkan dari penjelasan seorang dokter ahli menjelaskan bahwa kunyit putih memang memiliki kemampuan untuk melawan sel kanker, hanya saja penelitian yang telah dilakukan baru tahap awal atau in vitro (laboratorium) saja dan belum dilakukan penelitian pada tahap uji klinis. Meski demikian, di dalam dunia pengobatan tradisional manfaat kunyit putih ini memang sudah ketahui sejak dulu dan dijadikan bahan untuk membuat ramuan untuk menyembuhkan penyakit kanker.

Manfaat Kunyit Putih untuk Kanker

Dari hasil penelitian yang sudah pernah dilakukan secara in vitro melalui uji bioaktivitas, di sebuah laboratorium melakukan pengembangan sel kanker dan kemudian dilakukan pemberian jenis konsentrasi tertentu yang didapatkan dari kunyit putih tersebut. Setelah dilakukan penelitian tersebut, hasilnya membuktikan bahwa sel kanker yang telah dikembangkan akhirnya mati. Tidak hanya itu, dari hasil penelitian yang dilakukan pun menemukan adanya aktivitas yang terjadi pada kunyit putih tersebut dalam membunuh sel kanker. Hasilnya ternyata jauh lebih baik jika dibandingkan dengan aktivitas dari tanaman obat jenis lainnya.

Selain itu, beberapa tahun yang lalu juga pernah dilakukan penelitian pada seorang pasien kanker di sebuah rumah sakit kanker di Indonesia. Di rumah sakit tersebut ada sekitar 30-40 persen pasien penderita kanker yang berikan pengobatan menggunakan kunyit putih dan dikombinasikan bersama dengan metode pengobatan medis seperti pemberian obat-obatan medis dan kemoterapi. Setelah dilakukan pengobatan tersebut, banyak pasien yang kondisi kesehatannya terus membaik.

Hanya saja pengobatan ini belum bisa dilakukan secara umum, karena secara teori diperlukan waktu yang cukup panjang untuk melakukan penelitian lanjutan untuk membuat obat-obatan kanker, bahkan bisa mencapai waktu selama 10 hingga 15 tahun dan tentunya dalam penelitian ini harus melewati beberapa tahapan. Tahapan-tahapan yang perlu dilakukan mulai dari pengujian secara in vitro, uji pra klinik, uji pada tubuh orang yang sehat, uji pada tubuh orang yang sakit dan terakhir harus melalui pengujian pada sentra medis di beberapa negara. Jadi tidak bisa dilakukan secara sembarangan menurut salah seorang dosen di fakultas Farmasi UI.

Dalam melakukan penelitian terhadap penyakit kanker ini sering mendapatkan kendala, salah satu kendala yang paling besar yaitu masalah biaya karena setiap penelitian penyakit kanker memerlukan biaya yang tidaklah sedikit dan perhitungan dosis yang harus diberikan pada tubuh manusia pun bukanlah hal yang mudah.

Sedangkan berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan di Amerika Institute of Cancer pernah melaporkan bahwa kunyit putih diduga mampu mencegah terbentuknya sel kanker di dalam tubuh, karena di dalam kunyit putih terkandung senyawa yang dapat berfungsi untuk mencegah kerusakan DNA. Kerusakan pada DNA dapat menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit kanker. Selain itu, dilaporkan juga bahwa di dalam kunyit putih mengandung senyawa yang dapat bertindak untuk menghentikan peradangan.

Bahkan dari hasil beberapa penelitian lainnya juga menyimpulkan bahwa di dalam kunyit putih mengandung senyawa Ribosome in Activating Protein (R.I.P), senyawa ini diduga memiliki kemampuan yang sangat luar biasa dalam menghambat perkembangan sel kanker dan juga dapat mencegah terjadinya kerusakan pada DNA. Hanya penelitian tersebut baru dilakukan pada tahap in vitro dan belum dilakukan langsung pada tubuh manusia yang menderita penyakit kanker. Penelitian terhadap obat alami yang sudah pernah digunakan untuk menyembuhkan penyakit kanker yaitu ekstrak pohon cemara, obat alami ini sudah terbukti secara klinis langsung pada orang atau pasien penderita kanker. Manfaat kunyit putih ini dipercaya ampuh untuk mengobati berbagai jenis kanker, mulai dari kanker serviks, kanker tiroid, kanker payudara, kanker usus besar dan jenis-jenis kanker lainnya.

Manfaat Kunyit Putih untuk Kanker Serviks

Khasiat dari kunyit putih ini dapat mencegah, menghambat dan membasmi sel kanker ini memang sudah dikenal sejak lama. Hanya saja dalam pengolahannya harus disesuaikan dengan jenis kanker yang diderita.

Cara Mengolah Kunyit Putih sebagai Obat Kanker Serviks

Pertama-tama siapkan kunyit putih sebanyak 10 gram dan madu murni sebanyak 3 sendok makan. Cuci bersih kunyit putih tersebut, kemudian haluskan dengan cara diparut. Setelah itu, peras airnya dan tuangkan ke dalam gelas, kemudian tuangkan madu murni dan aduk hingga tercampur merata. Minum sampai habis dan lakukan 2 kali sehari.

Manfaat Kunyit Putih untuk Kanker Payudara

Tidak hanya ampuh untuk mengobati kanker serviks saja, tetapi khasiat kunyit putih juga ampuh untuk mencegah, menghambat dan menghancurkan kanker payudara.

Cara Mengolah Kunyit Putih untuk Kanker Payudara

Siapkan kunyit putih sebanyak 12 gram, keladi tikus sebanyak 6 gram, benalu teh sebanyak 20 gram dan rumput mutiara sebanyak 10 gram. Tumbuh semua bahan alami tersebut dengan 3 gelas air sampai mendidih, tunggu sampai airnya hanya tinggal tersisa 2 gelas saja. Setelah itu, angkat dan saring airnya lalu tuangkan ke dalam gelas.

Minum air rebusan kunyit putih tersebut secara rutin dan teratur 2 kali sehari sebanyak 1 gelas sekali minum, lakukan sampai sembuh.

Perhatikan :

Meskipun manfaat air rebusan kunyit putih sudah dikenal sejak lama ampuh untuk mengobati kanker, sebaiknya anda tetap konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum meminumnya untuk mengobati penyakit kanker yang sedang anda derita. Hal ini karena kunyit putih juga bisa menimbulkan efek samping tertentu yang dikhawatirkan membahayakan kondisi kesehatan anda jika diminum tanpa pengawasan dokter.

Efek Samping Kunyit Putih

Meskipun dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata kunyit putih juga bisa menimbulkan efek samping bagi yang meminumnya. Efek samping yang dapat ditimbulkan, antara lain :

  • Menyebabkan kerusakan pada sel darah merah dan sel darah putih.
  • Menyebabkan terjadi penurunan kadar gula darah berlebih atau dikenal dengan istilah hypoglycemia.
  • Jika digunakan untuk melakukan perawatan kulit, kunyit putih ini bisa menimbulkan iritasi pada kulit.
  • Menurunkan efektivitas dari obat medis yang sedang anda konsumsi.

Baca Juga :

10 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Rahim, dan Organ Reproduksi

Itulah penjelasan singkat yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai manfaat kunyit putih untuk kanker, semoga informasi yang telah kami sampaikan di atas dapat bermanfaat untuk anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *