Manfaat Kumis Kucing
Kumis Kucing

4 Manfaat Kumis Kucing Bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Posted on
Manfaat Kumis Kucing
Kumis Kucing

Manfaat Kumis Kucing – Kumis kucing adalah tanaman yang masuk ke kelompok golongan famili lamicaeae atau labiatae, tanaman obat yang satu ini banyak ditemukan di Indonesia. Disebut sebagai tanaman obat karena rupanya manfaat kumis kucing untuk kesehatan manusia banyak sekali. Di Indonesia, sejak dulu tanaman ini sudah dipercaya memiliki banyak khasiatnya bagi kesehatan kita. Kumis kucing juga dikenal dengan sebutan lain yaitu cat whiskers di dalam bahasa Inggris, kumis kucing ini termasuk tanaman obat keluarga yang cukup terkenal di Indonesia. Banyak manfaat yang bisa didapatkan kita dari tanaman obat keluarga ini, kumis kucing dipercaya sebagai penyembuh berbagai jenis penyakit. Selain itu, untuk menemukan tanaman ini juga tidak sulit karena dapat tumbuh di berbagai tempat.

Tanaman Kumis Kucing

Selain itu, kumis kucing memiliki sebutan lain berupa giri giri marah di daerah Sumatera, Remujung Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di Madura, tanaman ini dikenal dengan sebutan songot koceng dan masih banyak lagi sebutan lain dari tanaman ini. Meskipun banyak ditemukan di Indonesia, perlu anda tahu bahwa ternyata tanaman kumis kucing ini asalnya dari Afrika, Asia dan Australia yang kemudian merambat ke Indonesia. Karena Indonesia dikenal dengan negara yang tanahnya sangat subur, maka tanama obat kumis kucing pun mudah tumbuh di Indonesia.

Bagi kebanyakan orang apalagi orang dewasa mungkin sudah tidak asing mendengar kata kumis kucing ini, apalagi tanaman obat tersebut dikenal cukup ampuh mengobati penyakit ginjal dan pinggang. Tanaman kumis kucing telah lama dikenal di Indonesia dari semenjak dahulu hingga sampai saat ini. Tidak sedikit orang Indonesia mengolah tanaman ini secara tradisional sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Cara mengolahnya juga tidak terlalu sulit bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah. Tanaman ini termasuk dalam salah satu obat herbal alami terbesar dan cukup terkenal hingga luar negeri seperti di China, Asia Tenggara, India dan Queensland.

Nama Latin Kumis Kucing

Orthosiphon aristatus merupakan nama latin kumis kucing, untuk mengenal tanaman ini di sekitar kita mungkin perlu mengetahui apa sajakah ciri-ciri yang dimilikinya. Dibawah ini kami berikan ciri-ciri dari kumis kucing yang bisa anda kenali ketika berjumpa di lingkungan sekitar :

  1. Memiliki batang basah dan bentuk tegak
  2. Memiliki akar tunggang pada bagian bawahnya
  3. Daunnya bundar atau lonjong dengan panjang antara 1-10 cm
  4. Memiliki tangkai yang bulat warnanya ungu kehijauan
  5. Posisi daun pada batang tumbuhan ini berselang seling
  6. Memiliki tulang daun yang bercabang
  7. Mahkota pada bunganya berwarna putih atau putih kekuninggan
  8. Benang sari lebih menonjol keluar sepeti kumis kucing
  9. Mahkotanya berupa tandan panjang 7-29 cm
  10. Bijinya yang muda akan berwarna putih kehitaman, sementara yang sudah tua akan berwarna coklat kehitaman

Nah itulah beberapa ciri untuk mengenali tanaman obat keluarga ini. Tanaman kumis kucing bisa tumbuh dengan keadaan tanah yang subur, gembur, berhumus serta memiliki tata air dan udara yang bagus. Apabila anda ingin menanami tanaman ini, maka bisa mensiasati keadaan tanah seperti ini agar kumis kucing bisa tumbuh subur.

Manfaat Kumis Kucing untuk Batu Ginjal

Tahukah anda bahwa manfaat kumis kucing untuk batu ginjal sangat baik digunakan. Tanaman ini bisa mengobati kencing batu atau yang biasa disebut dengan batu ginjal. Merupakan salah satu penyakit saluran kemih berupa infeksi, obstruksi, rasa sakit dan metaplasia. Penyakit batu ginjal ini adalah massa keras seperti batu yang ada pada saluran kemih penderitanya. Apabila penyakit ini terjadi, efeknya akan memberikan rasa nyeri, pendarahan, infeksi bahkan penyumbatan aliran kemih.

Beberapa gejala yang ditimbulkan dari penyakit batu ginjal ini antara lain rasa nyeri begitu dahsyat datang timbul pada bagian tulang rusuk dan tulang pinggang kemudian menjalar ke perut, daerah kemaluan dan paha sebelah dalam. Penderita biasa mual dan muntah, perutnya menggelembung, mengalami demam dan menggigil bahkan terjadi pendarahan di air kemih. Penderita dapat menghindari penyakit batu ginjal ini dengan memperbanyak minum air putih serta menjauhi beragai macam minuman suplemen. Sedangkan pengobatan tradisional dengan kumis kucing bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • 90 gram daun kumis kucing segar
  • 1 gelas air putih
  • Caranya : cuci daun kumis kucing sampai bersih, rebus daun dengan air 1 gelas hingga air menjadi setengah gelas.
  • Minumlah ramuan ini 3 kali sehari secara rutin.

Cara Mengolah Daun Kumis Kucing

Dari berbagai penelitian ilmiah memang ditemukan banyak manfaat daun kumis kucing dan salah satu manfaat paling besarnya adalah dapat menyembuhkan penyakit batu ginjal ini. Anda bisa juga menggunakan kumis kucing untuk menyembuhkan penyakit asam urat, menghambat penyerapan glukosa di usus yang memiliki hubungan dengan penyakit diabetes. Daun kumis kucing ini memiliki sifat anti-inflamasi sehingga sangat baik digunakan sebagai obat penyakit dalam. Cara mengolah daun kumis kucing untuk menyembuhkan berbagai penyakit juga sangat sederhana dan mudah dilakukan sendiri. Daun segar dari kumis kucing bisa diolah menjadi ramuan herbal berupa minuman direbus atau dijus karena nutrisi dan zat yang ada didalamnya sangat berkhasiat.

Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan

Ketahuilah beberapa manfaat kumis kucing untuk kesehatan yang kami ulas dibawah ini :

  1. Daun kumis kucing untuk mengobati keputihan

Masalah keputihan sering kali dialami oleh para wanita, gangguan inilah yang akan memicu timbulkan bakteri, virus, parasit dan jamur. Sehingga harus segera diatasi. Anda bisa menggunakan daun kumis kucing sebagai obatnya, caranya adalah :

  • 1 genggam daun kumis kucing
  • 1 genggam daun beluntas
  • 1 sendok teh jinten hitam
  • 10 biji kemukus
  • Air secukupnya

Setelah semua bahan siap, caranya tinggal rebus daun kumis kucing hingga mendidih, setelah itu minum ramuan secara rutin 2 kali sehari.

Baca Juga : 6 Manfaat Daun kelor Untuk Diabetes dan Cara Memasaknya

  1. Mengobati sembelit dengan daun kumis kucing

Penyakit yang satu ini adalah gangguan yang terjadi pada pencernaan sehingga bisa mengakibatkan sulit buang air besar. Rupanya masalah ini juga bisa dihempaskan dengan merebus beberapa lembar daun kumis kucing dengan air hingga mendidih dan meminumnya secara teratur.

  1. Pengobatan penyakit Diabetes

Bagi para penderita diabetes, akan ada kabar baik dengan penyembuhan menggunakan daun kumis kucing yang terbukti ampuh dan berkhasiat. Penyakit diabetes ini memang kalau dibiarkan bisa berakibat mematikan. Caranya sama, tinggal merebus daun kumis kucing ini dan minum satu kali sehari secara teratur.

Obat Herbal Kumis Kucing

Obat herbal kumis kucing ini sudah dilakukan semenjak dahulu oleh para orang tua kita dan terbukti ampuh menyembuhkan berbagai macam bentuk penyakit. Daun kumis kucing bisa menyembuhkan penyakit pinggang, mengobati hipertensi, mengobati sipilis, menangani penyakit albuminuria, penyakit radang ginjal serta penyakit rasa gatal akibat alergi.

Efek Samping Daun Kumis Kucing

Meskipun kumis kucing ini baik dan berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, bukan berarti kita mengkonsumsinya sebagai obat herbal secara berlebihan atau dalam jangka waktu panjang, karena rupanya tumbuhan berupa semak ini bisa memberikan efek samping tak menyenangkan bagi kesehatan. Perlu diketahui bahwa efek samping daun kumis kucing bisa menimbulkan beberapa gangguan penyakit seperti penyakit ginjal jika dikonsumsi dalam dosis tinggi, sakit perut bahkan keracunan jika tidak tahu dosis yang harus diminum. Gangguan lain yang ditimbulkan bisa membuat sesak nafas karena terlalu banyak mengkonsumsi daun kumis kucing, bisa mengalami gangguan pada fungsi jantung. Karena itulah mengkonsumsi daun kumis kucing sebaai obat herbal harus tepat dan sesuai dosis tidak boleh berlebihan.

Cara Merebus Daun Kumis Kucing

Penyajian jamu herbal dari daun kumis kucing cukup mudah sekali, anda bisa merebusnya dengan air hingga mendidih. Cara merebus daun kumis kucing adalah dengan menggunakan air 1-2 gelas, lalu biarkan mendidih sampai air tersisa separuh dari sebelumnya. Setelah itu ramuan herbal tersebut siap diminum.

Kandungan Kumis Kucing

Kandungan kumis kucing memang sangat baik untuk mengobati berbagai macam bentuk penyakit seperti yang disebutkan diatas. Namun perlu diingat bahwa kita tidak boleh berlebihan dalam meminum ramuan ini karena efek samping yang ditimbulkan cukup memperihatinkan.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Manfaat Kumis Kucing, semoga bermanfaat dan terimakasih. Jangan lupa untuk mengunjungi pengertianmanfaat.com agar mendapatkan update terbaru mengenai info medis.

Pencarian Manfaat Terbanyak

  • Manfaat kumis kucing
  • cara merebus daun kumis kucing
  • cara dan takaran merebus daun kumis kucing
  • cara mengolah daun kumis kucing untuk pengobatan
  • nama latin kumis kucing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *