Manfaat Jeruk Nipis untuk Maag
Jeruk Nipis

5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Maag yang Perlu Kamu Ketahui

Posted on
Manfaat Jeruk Nipis untuk Maag
Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis untuk Maag – Penyakit maag bukan lagi menjadi penyakit langka karena tidak sedikit yang mengalaminya. Maag atau radang lambung merupakan suatu gejala penyakit yang menyerang lambung manusia. Hal tersebut disebabkan adanya luka atau suatu peradangan. Akibatnya yang ditimbulkannya sendiri sangat beragam, diantaranya perih pada perut, sakit atau juga mulas.

Penyebab dari sakit maag biasanya disebabkan makan yang tidak teratur. Namun, rupanya banyak penyebab lain dari kambuhnya penyakit tersebut, yakni mengonsumsi obat-obatan tertentu, ada mikroorganisme yang merugikan, pola tidur yang tidak teratur dan mengalami stres, serta mengalami alkohol.

Jika Anda memiliki riwayat penyakit maag dan telat makan, janganlah mengonsumsi makanan dengan porsi yang terlalu banyak secara langsung. Pasalnya, hal ini malah membuat perut menjadi lebih bermasalah.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Maag

Mengatasi sakit maag dapat dilakukan dengan banyak cara, baik dengan mengonsumsi obat-obatan atau pun secara alami. Mengobati sakit maag secara alami dapat menggunakan jeruk nipis. Meskipun banyak penderita maag yang menghindari jeruk nipis, namun rupanya buah tersebut memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengobati sakit maag. Berikut manfaat jeruk nipis untuk maag :

  1. Menghindari Kerusakan Lambung

Dinding lambung yang terlindungi dengan baik tentunya akan terhindar dari risiko kerusakan lambung. Dinding lambung yang tidak terlindungi rupanya dapat mengalami kerusakan. Dimana kerusakan tersebut disebabkan adanya gesekan-gesekan tertentu yang terjadi pada lambung.

  1. Menetralkan Asam Lambung

Meskipun jeruk nipis berasa asam, namun rupanya akan menjadi alkali ketika masuk ke dalam lambung. Alkali tersebut mampu menetralkan asam lambung yang ada di dalam tubuh manusia.

  1. Menyeimbangkan Asam Lambung

Tidak hanya menetralkan asam lambung, jeruk nipis juga sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan asam lambung. Dengan seimbangnya asam lambung pada tubuh manusia, asam lambung pun tidak akan mengalami peningkatan.

  1. Melindungi Jaringan Tubuh yang Rusak

Manfaat buah jeruk nipis lain ialah melindungi jaringan tubuh yang mengalami kerusakan. Hal tersebut disebabkan jeruk nipis memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk melindungi jaringan tubuh yang rusak.

  1. Melindungi Dinding Lambung

Lendir yang diperoleh dari air jeruk nipis rupanya memiliki manfaat yang sangat baik untuk para penderita maag. Lendir tersebut mampu melindungi dinding lambung. Mengingat dinding lambung merupakan salah satu organ yang harus dilindungi agar tidak mudah terjangkit penyakit.

Sakit Maag

Secara garis besar, sakit maag dibagi menjadi 2 jenis, yakni sebagai berikut :

  1. Gastritis Akut

Gastritis akut atau penyakit maaf akut merupakan sejenis inflamasi akut dari lambung. Inflamasi sendiri merupakan sebuah reaksi dari tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yang biasanya ditandai dengan panas, nyeri, bengkak dan adanya gangguan pada fungsi organ tubuh. Namun perlu diketahui, gastritis akut hanya terbatas pada muklosa. Yang lebih mengkhawatirkan, penyakit ini biasa menyerang manusia tanpa diketahui penyebab apa pun.

  1. Gastritis Kronis

Penyakit maag kronis biasanya membuat lambung mengalami sebuah inflamasi kronis yang mengakibatkan adanya sebuah grastritis.

Berdasarkan tingkat keparahannya, penyakit maag dapat dibedakan menjadi beberapa tingkatan, yakni sebagai berikut.

BACA JUGA : Manfaat Buah Naga Lengkap Serta Kandungannya

  1. Maag Ringan

Sesuai namanya, maag ini masih berada pada tahap yang ringan.

  1. Maag Sedang

Pada tahap maag sedang, penderita akan mengalami tanda-tanda seperti sakit, nyeri dan mual yang tentunya menyakitkan.

  1. Maag Kronis

Ketika telah mengalami maag yang tergolong kronis, penderita dapat dikatakan berada dalam kondisi maag yang intensitasnya sudah lebih para ketimbang maag ringan atau sedang.

  1. Kanker Lambung

Tingkatan terparah dari penyakit maag ialah kanker lambung. Kanker lambung ini biasanya disebabkan dari mikroorganisme yang merugiakan, yakni Helycobacter pylori.

Cara Mengatasi Maag

Ada beberapa cara mengatasi sakit maag, bisa dengan mengonsumsi obat-obatan atau juga dapat mengonsumsi ramuan herbal. Berikut obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit maag :

  1. Antasida, berfungsi untuk menghilangkan nyeri dan menetralisir asam lambung.
  2. Ranitidin, berfungsi untuk mengobati tukak lambung.
  3. Simetidin, berguna untuk mengobati dispepsia.
  4. Agen Cytoprotektif, untuk memberikan perlindungan jaringan mukosa lambung dan usus halus.

Sementara itu, ramuan herbal juga sangat ampuh menetralisir asam lambung sehingga maag akan teratasi. Berikut makanan atau tumbuhan alami yang dapat dicoba untuk mengobati sakit maag :

  1. Biji pepaya
  2. Kunir atau kunyit
  3. Sari kedelai
  4. Temulawak
  5. Daun jambu biji

Efek Samping Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki banyak kandungan baik yang bermanfaat untuk kesehatan. Namun sayangnya, jika tidak memiliki pengetahuan lebih terkait pemanfaatan jeruk nipis, akan membahayakan dan menimbulkan efek samping pada tubuh. Berikut efek samping yang dapat ditimbulkan oleh jeruk nipis jika dikonsumsi tiap hari dan terus menerus dalam porsi yang tidak sesuai.

  1. Berbahaya untuk penderita maag
  2. Risiko terserang sakit perut atau melilit
  3. Air liur yang berlebihan
  4. Mengikis lapisan gigi
  5. Gigi menjadi ngilu

Sakit Maag Akut

Banyak orang menyepelehkan penyakit maag. Tidak sedikit orang yang beranggapan maag dapat disembuhkan dengan obat warung tanpa melalui konsultasi ke dokter. Hal ini menjadi anggapan yang perlu diubah karena penyakit maag akan menjadi sangat kronis jika tidak ditangani dengan benar.

Ada beberapa bahaya sakit maag akut yang tidak kunjung ditangani, yakni sebagai berikut.

  1. Penyempitan Esofagus

Penyempitan esofagus dapat disebabkan ketika seseorang banyak mengalami sakit maaf karena refluks asam. Asam lambung yang naik ke kerongkongan rupanya mampu menimbulkan jaringan parut yang terdapat di kerongkongan. Akibatnya, saluran tersebut pun akan semakin menyempit.

  1. Esofagus Barrett

Esofagus Barrett juga disebabkan adanya paparan asam lambung di kerongkongan yang terjadi secara terus menerus. Dalam hal ini, sel-sel yang terdapat pada lapisan bawah kerongkongan dapat berubah menjadi sel kanker yang menimbulkan risiko adanya kanker kerongkongan.

  1. Stenosis Pilorus

Stenosis pilorus disebabkan adanya paparan asam lambung yang terjadi di area pilorus, yakni area antara lambung dan usus halus yang berlangsung dalam jangka panjang. Akibat yang ditimbulkan ketika terserang penyakit ini ialah makanan tidak mampu dicerna dengan baik, hingga berisiko mengalami muntah-muntah.

Amankah Lemon untuk Penderita Maag ?

Lemon memiliki kandungan asam askorbat yang sangat baik untuk lambung. Kandungan tersebut mampu menyembuhkan luka yang diakibatkan adanya peradangan. Selain itu, asam askorbat tersebut juga menyimpan zat fitronutrien yang berguna untuk melawan bakteri H. pylori. Bakteri H. pylori sendiri merupakan sejenis bakteri yang menyebabkan adanya infeksi pada dinding mukosa lambung.

Bahaya Jeruk Nipis bagi Tubuh

Mengonsumsi jeruk nipis secara terus menerus rupanya dapat membahayakan tubuh. Berikut bahaya jeruk nipis bagi tubuh yang perlu Anda ketahui.

  1. Sistem Pencernaan Terganggu

Jeruk nipis mengandung zat asam yang mampu menyebabkan gangguan pada usus besar jika dikonsumsi secara berlebihan. Perlu diketahui, zat asam sendiri berguna untuk mempercepat laju pergerakan dari sebuah makanan yang terdapat di usus besar, sehingga cairan makanan tersebut tidak dapat terserap secara sempurna. Akibatnya, seseorang dapat mengalami gangguan sistem pencernaan. Salah satunya ialah diare.

  1. Pembentukan Batu Ginjal

Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan sangat baik untuk dikonsumsi tubuh. Namun sayangnya, jika dikonsumsi terus menerus dan berlebihan, sangat tidak disarankan karena akan menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Terapi Jeruk Nipis 21 Hari

Menjalani terapi jeruk nipis memang sangatlah bagus jika dilakukan dengan porsi yang tepat dan tidak berlangsung selama jangka panjang. Berikut manfaat terapi jeruk nipis yang perlu Anda ketahui :

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh
  2. Menghambat penuaan dini
  3. Meningkatkan kinerja pencernaan
  4. Mengobati difteri
  5. Menyembuhkan radang tenggorokan

Bahaya Jeruk Nipis bagi Rahim

Banyak kabar beredar yang mengungkapkan bahwa jeruk nipis dapat membuat rahim menjadi kering. Hal ini tentu meresahkan para kaum wanita karena takut kesuburannya akan menurun.

Namun perlu diketahui, hingga saat ini belum ditemukan hubungan antara kesuburan rahim dari seorang wanita dengan mengonsumsi jeruk nipis. Dengan demikian, anggapan jeruk nipis berbahaya bagi rahim sangatlah tidak benar.

Pencarian Manfaat Terbanyak

  • air jeruk hangat baik untuk radang lambung?
  • jeruk nipis untuk luka lambung
  • Jeruk nipis tuk maag asam lambung
  • jeruk nipis sebagai obat maag
  • jeruk nipis obat mag
  • jeruk nipis mengobati maag kronis
  • jeruk nipis bisa mengobati sakit maag
  • caramengobati penyakitmaag dgnjeruk nipis
  • Bagus gak derita maag minum air jeruk nipis
  • terapi jeruk nipis bagi penderita maag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *