Manfaat Ibuprofen
source : jogja.tribunnews.com

Manfaat Ibuprofen, Fungsi, Dosis, Efek Samping dan Harganya

Posted on

Manfaat Ibuprofen – Ibuprofen merupakan jenis obat yang termasuk ke dalam golongan obat anti-inflamasi non-steroid. Obat ini sering diberikan untuk meredakan rasa sakit tingkat ringan hingga sedang serta dapat membantu mengurangi peradangan. Beberapa gejala yang dapat diatasi dengan ibuprofen ini di antaranya yaitu meredakan nyeri otot, nyeri sendi, saki kepala, migrain, sakit gigi, nyeri menstruasi dan juga dapat meredakan rasa nyeri pasca operasi. Selain itu, ibuprofen juga dapat meringankan gejala demam dan pegal-pegal akibat dari gejala flu.

Cara kerja dari Ibuprofen sendiri mampu menghambat enzim yang berperan penting dalam memproduksi prostaglandin. Prostaglandin yaitu suatu jenis senyawa yang akan dilepaskan oleh tubuh dan dapat mengakibatkan terjadinya peradangan dan juga menyebabkan timbul rasa sakit. Namun perlu anda semua ketahui bahwa ibuprofen sendiri adalah jenis obat yang hanya dapat mengurangi gejala saja, obat ini tidak dapat menyembuhkan penyakit yang menjadi penyebabnya.

Ada banyak sekali merk dagang dari ibuprofen yang dijual bebas di pasaran, seperti : Arfen, Anafen, Arthrifen/Arthrifen Forte, Brufen, Bufect/Bufect Forte, Dofen 400, Dolofen-F, Ethifen, Fenatic, Fenris, Prosic, Farsifen, Ibukal, Iprox, Ibufen, Ibufenz, Ibuprofen Indo Farma Ostarin, Ibufenz Ibufenz Supposit, Lexaprofen, Mofen, Moris/Moris Forte, Proris/Proris Forte, Prifen, Profen, Prosinal, Ribunal, Rhelafen/Rhelafen Forte, Spedifen, Yariven dan Xepafen.

Fungsi Paracetamol Dan Ibuprofen

Paracetamol merupakan jenis obat yang termasuk ke dalam golongan obat analgetik (penghilang rasa sakit) tingkat gejala ringan hingga sedang. Selain itu, paracetamol juga memiliki efek antiseptik yang bisa menurunkan demam dan obat ini termasuk jenis obat yang dapat dibeli secara bebas di apotik tanpa harus disertai dengan resep dari dokter. Untuk dosis paracetamol sendiri bisa diberikan mulai dari 250 mg setiap 4-6 jam atau 500 mg setiap 4-6 jam, tergantung dari usia dan kebutuhan.

Sedangkan ibuprofen, seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Ibuprofen termasuk ke dalam golongan obat anti-inflamasi non-steroid yang dapat berfungsi sebagai pereda rasa nyeri tingkan ringan hingga sedang dan juga dapat diberikan untuk meringankan peradangan. Tidak hanya itu, obat ini juga dapat berfungsi sebagai antiseptik. Untuk dosisnya sendiri dapat diberikan sebnyak 200-400 mg tiga kali sehari.

Manfaat Ibuprofen

Manfaat Ibuprofen
source : jogja.tribunnews.com

Sebenarnya manfaat Ibuprofen tablet 400 dengan paracetamol hampir serupa, karena obat ini biasanya akan diberikan secara tunggal. Meskipun kedua jenis obat ini dapat digunakan secara bersamaan dengan syarat menurunkan dosisnya masing-masing (bukan dosis normal seperti yang dijelaskan di atas). Sudah banyak beredar berbagai merk obat yang mengkombinasikan kedua jenis obat tersebut, namun akan lebih baik jika mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter ketika ingin mengkombinasikannya.

Paracetamol vs Ibuprofen, Sebaiknya Pilih yang Mana?

Seperti yang dijelaskan di atas, Ibuprofen dan paracetamol merupakan jenis obat-obatan yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit dan menurunkan demam tanpa harus menggunakan resep dari dokter, terutama untuk anak-anak. Meskipun kedua jenis obat ini sering kali tertukar dan sering tercampur antara keduanya, ternyata ada beberapa perbedaan antara kedua jenis obat ini lebih dari seperti yang kita bayangkan.

Paracetamol dan Ibuprofen memiliki perbedaan mulai dari bagaimana obat ini bekerja, seberapa cepat obat ini bekerja, berapa lama obat ini dapat bertahan di dalam tubuh, kepada siapa obat ini diberikan dan efek samping apa yang ditimbulkan serta interaksi seperti apa ketika diminum bersama dengan jenis obat lain.

Dosis Ibuprofen

Dosis Obat Ibuprofen Untuk Orang Dewasa :

  • Bagi wanita yang sedang menderita nyeri haid, bisa minum obat ini dengan dosis 200-400 mg secara oral setiap 4-6 jam sekali atau sesuai kebutuhan.
  • Bagi mereka yang menderita penyakit osteoarthritis, bisa minum obat ini dengan dosis 400-800 mg secara oral setiap 6-8 jam sekali atau sesuai kebutuhan.
  • Bagi mereka yang menderita penyakit rheumatoid arthritis, dosis awal yang dapat diberikan yaitu sekitar 400-800 mg secara oral setiap 6-8 jam sekali atau sesuai kebutuhan.
  • Bagi mereka yang menderita rasa nyeri tingkat ringan dapat diberikan dengan dosis 200-400 mg secara oral setiap 4-6 jam sekali atau sesuai kebutuhan. Pemberian ibuprofen dengan dosis lebih dari 400 mg tidak terbukti dapat memberikan efikasi yang lebih besar.
  • Bagi mereka yang menderita demam, pemberian secara oral bisa dilakukan dengan dosis 200-400 mg setiap 4-6 jam sekali atau sesuai kebutuhan.
    Dosis Obat Ibuprofen Untuk Anak-Anak :
  • Bagi anak-anak yang menderita demam pada usia 6 bulan sampai dengan 12 tahun, Ibuprofen bisa diberikan dengan dosis 10 mg.kg/dosis yang diberikan secara oral setiap 6-8 jam sekali atau sesuai kebutuhan.
  • Bagi anak-anak yang menderita rasa nyeri untuk usia bayi dan anak yaitu dapat diberikan Ibuprofen secara oral dengan dosis 4-10 mg/kg atau sesuai kebutuhan. Untuk dosis maksimal yang dianjurkan yaitu sebanyak 40 mg/kg.
  • Bagi anak-anak yang menderita penyakit rheumatoid arthritis pada usia 6 bulan sampai dengan 12 tahun, untuk dosis normal bisa diberikan 30-40 mg/kg secara rutin setiap hari. Sedangkan jika kondisinya tingkat keparangannya masih tingkat ringan bisa diberikan dosis 20 mg/kg secara rutin setiap hari.
  • Bagi anak-anak yang menderita penyakit Cystic Fibrosis, bisa diberikan Ibuprofen secara oral 2 kali sehari yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan untuk mempertahankan tingkat konsentrasi serum 50-100 mcg/mL yang masih ada kaitannya dengan perlambatan perkembangan dari penyakit yang diderita anak-anak dengan penyakit paru tingkat ringan.

Catatan :

Informasi ini bukan sebagai solusi alternatif dari medis, tetap disarankan untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter untuk meminimalisir efek samping yang bisa ditimbulkannya.

Efek Samping dan Bahaya Ibuprofen

Setiap obat pasti memiliki resiko yang dapat menyebabkan efek samping tertentu, termasuk penggunaan Ibuprofen. Berikut ini beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan akibat mengkonsumsi Ibuprofen, di antaranya yaitu :

  • Merasa Mual dan muntah
  • Perut terasa kembung
  • Muncul rasa nyeri pada ulu hati
  • Terjadi gangguan pada organ pencernaan
  • Terkena diare atau konstipasi
  • Sakit kepala atau migrain
  • Tukak lambung
  • Mengalami muntah darah
  • Tinja berubah warna menjadi berwarna hitam atau disertai darah

Harga Ibuprofen

Harga Ibuprofen sendri tergantung jenis, merk dagang, tempat membeli, takaran, dan beberapa faktor lain. Berikut ini harga rata-rata obat Ibuprofen di apotik, yaitu :

  • Ibuprofen 400 mg Indo Farma : Rp. 28.000,-
  • Ibuprofen Mediscastore: Rp 25.000,-
  • Harga hemat: Rp. 6.000,-

(harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu dan juga kemungkinan besar akan berbeda-beda di tiap-tiap kota)

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai manfaat Ibuprofen, semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi kita semua. Perlu diingat, bahwa artikel ini hanya sebatas informasi dan bukan sebagai saran atau solusi pengganti medis. Maka dari itu, jangan ragu untuk tetap berkonsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *