Manfaat Edamame
Edamame

7 Manfaat Edamame dan Efek Sampingnya

Posted on

Manfaat Edamame – Edamame adalah kedelai Jepang yang juga tak kalah populer di Indonesia. Perlu diketahui, bahwa buah edamame tersebut merupakan salah satu super foods yang memiliki banyak vitamin A, vitamin C, tinggi kandungan serat serta protein didalamnya. Endame masuk dalam jenis sayur-sayuran, dimana sayuran jenis ini memiliki kandungan 9 asam amino esensial yang biasa ditemukan pada makanan seperti daging dan telur. Nah, kamu bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan rajin mengkonsumsi buah edamame. Karena kandungan baik didalmnya, kedelai jepang ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Berdasarkan penelitian, untuk satu cangkir edamame ini, memiliki kandungan 120 kalori, 9 gram serat, 2.5 gram lemak, 11 gram protein serta 13 gram karbohidrat. Tak hanya itu, edamame juga merupakan sayuran yang baik karena kandungan karbohidrat dan lemaknya rendah.

Mungkin jika kamu sering sekali mengunjungi restoran Jepang, maka akan sering berjumpa dengan edamame tersebut. Bentuknya mirip seperti kedelai di Indonesia pada umumnya, hanya saja kacang kedelai dari Jepang ini biasanya disajikan dengan sayuran lain seperti dibuat sup serta cemilan yang menyehatkan tubuh. Edamame juga merupakan sayuran yang pas sebagai menu diet yang sedang kamu jalankan. Sehingga bagi kamu yang suka ngemil, bisa mengganti cemilanmu dengan mengkonsumsi sayur edamame ini tanpa khawatir berat badan bertambah. Kedelai Jepang atau Edamame juga merupakan makanan yang direkomendasikan oleh para pakar nutrisi dan kesehatan karena selain nikmat dimakan setiap hari juga kaya akan kandungan yang menyehatkan tubuh.

Manfaat Edamame untuk Diabetes

Manfaat Edamame
Edamame

Selain itu, keuntungan lain dari edamame tersebut adalah jika dikonsumsi maka kamu bisa merasa kenyang sehingga bisa mengontrol nafsu makan yang berlebihan. Bagi para penderita diabetes, ada informasi baik tentang manfaat sayur edamame untuk diabetes yang perlu diketahui. Diabetes merupakan sebuah pnyakit pembunuh nomor 1 yang ada di dunia. Kebiasaan mengkonsumsi makanan manis berlebihan rupanya bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya penyakit diabetes, penyakit ini biasanya terdiagnosa ketika sudah usia lanjut. Sehingga mumpung masih muda, hindari konsumsi makanan manis atau gula berlebihan. Namun kabar baiknya, penyakit diabetes rupanya dapat diatasi dengan edamame atau kedelai Jepang tersebut. Kamu bisa menjadikan edamame sebagai cemilan sehat sehari-hari, bisa untuk lauk atau sayuran makanan lainnya terutama yang menderita diabetes.

Perlu diketahui bahwa buah edamame ini dipanen pada puncak pematngan akan tetapi masih belum mengalami proses pengerasan. Apalagi didalamnya memiliki kandungan protein, serat, mineral, vitamin yang baik sehingga bagus untuk diet dan terhindar dari diabetes.

Manfaat Edamame untuk Ibu Hamil

Edamame juga merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang sangat baik untuk kesehatan apalagi bagi orang hamil. Edamame memilikir cita rasa yang khas, warna kulitnya hijau. Salah satu cara mengolahnya adalah memisahkan biji dari kulitnya dulu lalu direbus dengan menambahkan sedikit garam supaya lebih sedap dan setelah matang, maka Edamame siap untuk dihidangkan. Tak hanya direbus saja, kadang edamame juga bisa dikukus sebagai cemilan sehari-hari. Untuk manfaat edamame untuk ibu hamil cukup banyak terutama untuk tumbuh kembang janin yang dikandungnya. Kandungan yang ada dalam edamame ini sangat bermanfaat untuk ibu hamil terutama sebagai pencegah dan mengurangi resiko terkena osteoporosis bagi ibu hamil karena kekurangan kalsium. Selain itu, edadame juga kaya akan antioksidan isoflavon dan saponin, kandungan tersebut bisa menjadi pelidung ibu dan janin dalam kandungan dari radikal bebas yang berbajaya.

Namun meski kandungannya baik, tentu saja kita tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi jenis kacang-kacangan tersebut. Karena hal apapun yang berlebihan tentu saja tidak baik. Jika terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi edamame maka akan timbul resiko seperti kurangnya daya serap kalsium, zat besi, seng dan magnesium yang sangat penting bagi perkembangan janin.

Manfaat Edamame untuk Bayi

Tak hanya untuk ibu hamil saja, rupanya manfaat edamame untuk bayi juga ada lho. Seperti yang diketahui, dalam kehidupan sehari-hari, tidak semua ibu bisa memberikan Air Susu Ibu atau ASI kepada anak mereka. Hal tersebut bisa disebabkan kendala internal dari dalam ibu sendiri yang mana memang air susunya kurang curah, namun bisa disebabkan hal lain seperti karena kesibukan dan lain-lain. Sering kali para ibu menggantikan ASI dengan susu sapi untuk anaknya. Padahal bayi dan balita sering kali rentan terkena alergi terhadap susu sapi sehingga perlu pengolahan dan pilih yang benar-benar memiliki kualitas tinggi.

Alternatif lain yang bisa didapatkan dari kasus tersebut adalah menggantinya dengan edamame. Kamu bisa mengolah sayuran ini menjadi jus sebagai pengganti susu untuk anak anda. Perlu diketahui bahwa edamame tidak memiliki kandungan laktosa susu yang mana kandungan tersebut tidak baik bagi bayi dan balita karena bisa menyebabkan alergi dan sering kali ditemukan pada susu sapi. Oleh karena itulah, sangat dianjurkan untuk memberikan susu kedelai atau kedelai Jepang yang lebih baik. Kamu dapat memberikan anak susu kedelai ketika sudah berusia 2 tahun. Porsinya cukup diberikan 250 – 500 ml atau setara dengan 1 hingga 2 gelas setiap hari. Rupanya asupan 2 gelas susu kedelai ini dapat menyuplai 30 persen kebutuhan protein setiap hari pada balita.

Baca Juga : 12 Manfaat Bawang Dayak yang Tidak Banyak Diketahui

Manfaat Edamame untuk Diet

Manfaat edamame untuk diet cukup baik, sebagaimana yang telah diulas sebelumnya sayuran ini bisa dijadikan pilihan program diet. Oleh karena itu, edamame cukup menjadi sayuran favorit terutama bagi para wanita yang ingin menjaga kesehatan dan bentuk tubuh ideal. Edamame bisa menjadi cemilan sehat yang bisa menimbulkan rasa kenyang, sehingga bisa mengontrol makanan berlebihan. Kaya kandungan vitamin, serat dan nutrisi lain didalamnya, tidak membuat lemak menumpuk di dalam tubuh. Kamu bisa menunda lapar lebih lama dengan mengkonsumsi kedelai Jepang tersebut.

Manfaat Edamame untuk Kesuburan

Manfaat lain yang bisa ditemukan pada edamame adalah untuk kesuburan. Bagi wanita dan pria yang merasa dirinya kurang subur, dpat mengatasi masalah tersebut dengan mengkonsumsi edamame. Manfaat edamame untuk kesuburan sudah diketahui sejak dulu. Bahkan kacang kedelai dan kedalai Jepang ini sering dijadikan sebagai bahan untuk program hamil bagi pasangan yang sulit memiliki anak. Kandungan kalsium yang ada pada buah edamame ini rupanya sangat baik untuk dapat meningkatkan kesuburan baik pada wanita atau pada pria. Kalsium juga dapat menjadi pembentuk tulang ibu dan janin yang dikandung. Edamame bisa menjadi cemilan atau susu sehat yang dapat meningkatkan kesuburan.

Manfaat Edamame Rebus

Pengolahan edamame sendiri bisa direbus, dijus atau dikukus. Bisa juga diolah menjadi sayuran dan makanan lainnya sesuai selera. Manfaat edamame rebus atau diolah menjadi apapun sungguh kaya manfaat, terutama bagi kesehatan dan kecantikan. Maka tidak heran jika kemudian edamame ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi wanita. Selain baik, konsumsi edamame yang cukup juga baik untuk kehamilan, kesuburan dan kesehatan wanita. Edamame baik untuk mencegah penyakit diabetes, mencegah resiko kanker, kaya akan anti oksidan tinggi, mencegah hipertensi, penyakit jantung, kaya akan protein, mencegah menopause dini, mencegah darah beku dan manfaat lain didalamnya.

Manfaat Edamame untuk Ibu Menyusui

Bahkan salah satu manfaat dari edamame untuk bayi dan ibunya adalah bisa dijadikan sebagai penambah nutrisi dan kalsium ibu, manfaat edamame untuk ibu menyusui sudah umum diketahui. Ibu menyusui yang rajin mengkonsumsi edamame secara cukup dapat menjadi penambah kalsium sehingga juga baik untuk anak yang disusuinya.

Efek Samping Kacang Edamame

Namun meski begitu jangan sampai melupakan efek samping kacang edamame. Seperti yang disebutkan diatas, edamame juga memiliki efek samping yang tentu saja tidak baik. Efek samping tersebut bisa timbul jika dikonsumsi secara berlebihan. Hindari konsumsi kacang kedelai secara berlebihan krena dapat berpengaruh pada pembentukan batu ginjal dalam tubuh.

Manfaat Edamame yang sangat banyak ini membuatnya menjadi salah satu obat alternatif. Anda pun juga bisa mengolah edamame menjadi masakan yang enak, loh.

Pencarian Manfaat Terbanyak

  • manfaat edamame
  • efek samping kebanyakan konsumsi kacang edamami
  • khasiat edamame rebus
  • takaran mengkosumsi edamame
  • manfaat eda
  • maafaat mademame
  • keuntungan edamame
  • Kelebihan dan keurangan edamame
  • efek samping kedelai hijau bagi bayi
  • efek samping kacang edamame

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *