Manfaat Daun Sirsak Untuk Kolesterol dan Cara Mengolahnya

Posted on

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kolesterol – Mendengar kata Kolesterol, pastinya dan semua sudah tidak asing lagi mendengar nama salah satu jenis penyakit ini. Penyakit kolesterol sendiri sudah menyerang banyak kalangan masyarakat, terlebih banyak dari mereka yang memiliki pola hidup tidak sehat. Penyebab dari penyakit ini karena kadar kolesterol yang ada dalam tubuh berada pada batas terlalu tinggi.

Peran dari kadar kolesterol sebenarnya memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh manusia, tetapi jika jumlahnya terlalu tinggi bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan memicu terjadinya komplikasi. Kolesterol yang dalam istilah medis dikenal dengan nama lipoprotein ini akan dibawa masuk oleh protein ke dalam darah yang berasal dari makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari.

Dalam dunia medis ada dua jenis lipoprotein yang perlu diketahui, yaitu lipoprotein yang memiliki tingkat kepadatan rendah (LDL) atau lebih dikenal dengan sebutan kolesterol jahat dan juga lipoprotein yang memiliki tingkat kepadatan tinggi (HDL) atau yang dikenal dengan sebutan kolesterol baik.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kolesterol
source : doktersehat.com

Apa itu Lipoprotein (HDL) dan Lipoprotein (LDL)?

• Lipoprotein (HDL)

Lipoprotein bertugas untuk mengangkut kadar kolesterol yang berasal dari organ hati menuju ke sel-sel dalam tubuh yang membutuhkan, tetapi jika jumlahnya terlalu berlebihan sesuai kebutuhan dapat menyebabkan kolesterol tersebut mengendap pada dinding pembuluh darah arteri dan akhirnya dapat memicu munculnya berbagai jenis penyakit.

• Lipoprotein (HDL)

Lipoprotein HDL ini berfungsi untuk mengangkut kolesterol untuk kembali lagi ke dalam organ hati. Di dalam organ hati, kolesterol tersebut akan diolah dengan cara dihancurkan dan kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh bersama dengan kotoran.

Sebenarnya kadar kolesterol dalam darah seseorang yang disarankan bisa berbeda-beda, hal ini tergantung dari masing-masing orang tersebut dan juga tergantung dari tingkat risiko seseorang untuk mengalami aterosklerosis.

Kadar kolesterol berlebih dapat disebabkan oleh karena konsumsi makanan yang di dalamnya mengandung kadar kolesterol tinggi atau bisa juga disebabkan oleh karena jarang berolahraga. Selain itu, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan

Selain terdapat kolesterol HDL dan LDL, di dalam tubuh juga terdapat senyawa yang bernama senyawa lipid yang lainnya, senyawa ini juga sering diperiksa bersamaan dengan kolesterol yaitu dikenal dengan sebutan trigliserida.

Apa itu Trigliserida?

Trigliserida adalah salah satu jenis senyawa lemak yang ada dalam tubuh. Tubuh akan mengolah dan mengubah kalori dalam tubuh yang tidak digunakan menjadi trigliserida dan kemudian akan dilepaskan menjadi sumber energi ketika sedang makan. Kadar trigliserida yang tersimpan di dalam sel-sel lemak akan jumlahnya akan semakin tinggi apabila kalori seperti karbohidrat dan lemak yang menumpuk dalam tubuh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah kalori yang terbakar.

Sampai saat ini memang belum diketahui secara pasti jika kadar trigliserida yang terlalu tinggi dapat menyebabkan terjadinya arterosklerosis, sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga stroke. Namun, kadar trigliserida yang terlalu tinggi dapat menjadi tanda jika terjadi pengendalian yang sangat buruk terhadap penyakit diabetes tipe 2, penyakit hati, penyakit ginjal dan juga penyakit hipotiroidisme.

Selain itu, penyebab dari kenaikan dari kadar trigliserida juga dapat dipicu oleh pola hidup sehat seperti sering minum minuman beralkohol, konsumsi makanan berlemak, makanan manis, akibat kegemukan dan juga bisa karena faktor genetik (keturunan).

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyebabkan seseorang berisiko mengalami penyempitan pada pembuluh darah arteri karena terjadinya penumpukan plak dan juga pengerasan dinding pembuluh darah yang disebut dengan aterosklerosis. Seiring berjalannya waktu, seseorang yang mengalami kondisi seperti ini dapat mengalami serangan penyakit jantung koroner apabila gejala aterosklerosis terjadi pada pembuluh darah jantung.

Tanda-tanda seseorang terkena penyakit jantung koroner bisa ditandai dengan keluhan nyeri di bagian dada atau angina, bahkan kondisi ini berisiko mengalami serangan jantung secara mendadak. Kondisi yang serupa juga dapat terjadi pada pembuluh darah yang ada di bagian otak, sehingga dapat meningkatkan resiko terkena serangan stroke dan pada pembuluh darah yang lainnya seperti lengan, tungkai dan perut yang dapat memicu munculnya penyakit arteri perifer.

Selain dapat menyebabkan munculnya gangguan kesehatan jantung dan juga pembuluh darah, kadar kolesterol yang terlalu tinggi juga dapat memicu terjadinya peningkatan terhadap pembentukan kristal empedu yang dapat mengeras dan menjadi penyakit yang disebut dengan batu empedu.

Setelah mengetahui berbagai resiko dari bahaya kolesterol tinggi, maka sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kadar kolesterol dalam darah secara berkala. Terlebih bagi Anda yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, penyakit jantung dan pembuluh darah di dalam keluarga. Selain itu, hal ini juga berlaku bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih, penyakit hipertensi dan diabetes.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kolesterol

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah, di samping Anda harus rutin melakukan pemeriksaan secara berkala. Tidak ada salahnya jika Anda juga melakukan penanganan secara alami, salah satunya dengan memanfaatkan daun-daunan penurun kolesterol. Ada banyak jenis dedaunan yang dipercaya sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, salah satunya yaitu daun sirsak.

Peran utama dari daun sirsak ini dipercaya sangat ampuh untuk mencegah dan sekaligus menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah karena di dalam daun kolesterol mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi. Dengan adanya senyawa antioksidan ini, maka kolesterol dalam darah akan terkendali dengan baik dan akan mencegah terjadinya peningkatan kolesterol berlebih.

Lalu, bagaimana cara mengolah daun sirsak untuk mencegah dan menurunkan kadar kolesterol tinggi?

Cara Mengolah Daun Sirsak

Cara membuat air rebusan daun sirsak untuk kolesterol, yaitu :

• Pertama-tama ambil daun sirsak sebanyak 8-10 lembar, lalu robek-robek dan rebusan dengan 1 gelas air.
• Rebus daun sirsak tersebut sampai airnya hanya tinggi tersisa 1/2 gelas saja.
• Angkat dan dinginkan, tunggu hingga airnya cukup hangat dan siap untuk diminum.
• Minum secara rutin dan teratur 2 kali sehari pada pagi dan malam sebelum tidur.

Note :

Ramuan di atas hanya untuk sekali minum, jika Anda ingin membuat untuk dua kali minum. Maka Anda bisa membuat ramuan dengan 20 lembar daun sirsak dan 2 gelas air dan pastikan diminum dalam kondisi hangat.

Manfaat Daun Sirsak Lainnya

Selain bermanfaat untuk mencegah dan menurunkan kolesterol tinggi, manfaat daun sirsak juga dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit lain seperti :

• Menyembuhkan asam urat atau rematik
• Menurunkan darah tinggi
• Menurunkan gula darah
• Mencegah kanker

Baca Juga :

7 Manfaat Daun Sirsak Bagi Tubuh Manusia

Itulah penjelasan yang dapat kami bahas pada kesempatan kali ini mengenai manfaat daun sirsak untuk kolesterol, semoga apa yang kami bahas di atas dapat bermanfaat untuk kalian semua. Namun, penting untuk kalian semua ketahui, sebelum mencoba cara di atas kami sangat menyarankan agar Anda melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dan konsultasikan dengan dokter. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *