Manfaat Daun Sirsak untuk Asam Urat dan Cara Mengolahnya

Posted on

Manfaat Daun Sirsak untuk Asam Urat – Penyakit asam urat atau dalam istilah medis dikenal dengan nama gout adalah jenis penyakit yang menyerang persendian pada tubuh manusia, penyakit ini dapat terjadi diakibatkan oleh karena kadar asam urat di dalam darah yang terlampau tinggi. Dalam kondisi normal, kadar asam urat akan larut dalam darah dan kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh bersamaan dengan urine.

Pada kondisi tertentu, tubuh akan memproduksi asam urat dalam jumlah yang terlalu banyak, sehingga proses pembuangannya akan terganggu sehingga mengakibatkan asam urat akan menumpuk di dalam tubuh. Tumpukan asam urat tersebut akan membentuk kristal di bagian persendian, sehingga dapat menyebabkan muncul rasa nyeri dan bahkan sering disertai dengan terjadinya pembengkakan pada sendi.

Meski kristal-kristal tersebut lebih sering terbentuk di area sendi, tapi kristal asam urat juga bisa terbentuk di dalam ginjal dan saluran kemih. Jika terjadi demikian, maka fungsi dan kerja dari organ ginjal akan terganggu sehingga berpotensi menyebabkan batu ginjal.

Perlu anda semua ketahui juga bahwa meski pada umumnya disebabkan oleh karena kadar asam urat yang berlebih dalam darah atau dikenal dengan hiperurisemia, namun ternyata tidak semua penderita penyakit hiperurisemia ini akan menderita penyakit asam urat. Karena faktanya, hanya sekitar 1/3 penderita hiperurisemia saja yang dapat terkena penyakit ini.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kolesterol
source : doktersehat.com

Gejala Penyakit Asam Urat

Gejala yang umum dialami oleh seseorang yang menderita penyakit asam urat, yaitu akan mengalami rasa nyeri secara mendadak dalam kurun waktu yang singkat (akut), kemudian rasa nyeri tersebut akan hilang selama beberapa hari. Setelah itu, rasa nyeri juga bisa kembali menyerang setelah 6-12 bulan ke depan.

Berdasarkan dari beberapa kasus yang pernah terjadi, para penderita penyakit asam urat ini akan mengalami gejala asam urat yang kronis, akibat dari serangan asam urat yang sering terjadi secara berulang dan dalam jangka waktu yang lama.

Bagi para penderita penyakit asam urat akut, rasa nyeri hanya akan muncul pada satu atau beberapa sendi saja. Bagian sendi yang sering mengalami rasa nyeri yaitu seperti lutut, pergelangan kaki dan juga jempol kaki. Gejala yang ditimbulkan biasanya akan bertambah parah pada dua hari pertama, gejalanya bisa berlangsung selama 10 hari.

Pada awalnya, penderita asam urat akut akan meraskan rasa sakit dan nyeri yang cukup hebat secara mendadak pada malam hari. Selain itu, pada bagian sendi yang sakit akan terlihat memerah, membengkak dan terasa sangat sakit walaupun hanya disentuh. Gejala yang sering dialami oleh penderita asam urat akut biasanya akan disertai dengan demam selama rasa nyeri tersebut menyerang.

Berbeda dengan asam urat yang sudah kronis, gejala yang muncul yaitu rasa nyeri yang luar biasa dan disertai dengan terjadinya peradangan pada sendi yang dapat terjadi secara berulang. Bahkan kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada pernsendian secara permanen, dimana persendian tidak akan dapat digerakan secara normal. Tidak hanya pada ibu jari saja, nyeri juga akan terjadi pada banyak sendi tubuh lainnya seperti jari tangan, jari kaki, pergelangan tangan dan juga tumit.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri dan menyembuhkan penyakit asam urat, selain dengan cara medis penyakit ini juga bisa diatasi dengan cara alami. dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan perihal cara mengatasi asam urat secara alami. Salah satu bahan alami yang terkenal ampuh untuk mengatasi penyakit asam urat yaitu dengan daun sirsak.

Baca Juga : Manfaat Daun Sirsak Untuk Kecantikan

Manfaat Daun Sirsak Untuk Asam Urat dan Rematik

Daun sirsak (annona muricata) adalah salah satu jenis daun dari tumbuhan sirsak, daun sirsak ini sudah sangat terkenal memiliki banyak sekali khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Daun sirsak sendiri sudah digunakan sejak jaman dulu hingga sekarang sebagai bahan alami membuat obat-obatan tradisional dan untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Kandungan Daun Sirsak untuk Asam Urat

Di dalam daun sirsak ini memiliki banyak sekali kandungan bahan kimia aktif yang berkhasiat seperti muricatocin A, B, C. Annomuricin B, C, E. Annopentocin A, B, C. Cis-annomuricin-D-one, trans-annomuricin-D-one, (2,4-cis)-10R-annonacin-A-one, (2,4-trans)-10R-annonacin-A-one, annohexocin, muricapentocin, (2,4-cis)-isoannonacin.

Resep Mengelolah Daun Sirsak untuk Asam Urat

Cara mengolah daun sirsak untuk mengatasi asam urat ini cukup mudah, namun kita perlu mengetahui kadarnya terlebih dahulu agar dapat meminimalisir efek samping yang terjadi jika dikonsumsi secara berlebihan. Di dalam 1 lembar daun sirsak memiliki berat sekitar 12-15 gram, tubuh kita membutuhkan daun sirsak sebanyak 30 mg/kg dari berat badan anda sebagai dosis untuk mengobati asam urat.

Misalnya saja anda memiliki berat badan 60 kg, maka daun sirsak yang anda butuhkan yaitu sebanyak 1800 mg atau sebanyak 18 gram ekstrak daun sirsak sebagai alternaif lain dari obat indocin atau indomethacin setiap harinya sampai asam urat yang anda derita sembuh.

Berdasarkan dari informasi yang kami dapatkan, nilai konversi dari ekstrak daun sirsak dan juga daun sirsak segar yaitu berkisar antara 0.04-0.07. Maka jika anda memiliki daun sirsak sebanyak 10 lembar, maka anda sudah memiliki berat basah dari daun sirsak sebanyak 120-150 gram. Nilai konversi yang didapatkan setelah dihancurkan atau diolah yaitu sebanyak 6-10,5 gram berat kering dari daun sirsak.

Setelah mengetahui jumlah atau ukuran dosis yang pas dengan berat badan anda, maka anda bisa langsung mengolahnya.

Baca Juga : Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol

Cara membuat ramuan daun sirsak untuk mengobati asam urat

• Pertama-tama siapkan daun sirsak sesuai kebutuhan, kemudian cuci hingga bersih dengan air mengalir.
• Setelah itu, tumbuk hingga halus dan rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan biarkan sampai air rebusannya tersisa 2 gelas.
• Selanjutnya, matikan apinya dan biarkan air rebusan daun sirsak tersebut hangat-hangat kuku.
• Saring airnya dan tuangkan ke dalam gelas, minum secara rutin 2 kali sehari dengan dosis satu gelas sekali minum.
• Minum secara rutin pada pagi dan malam sebelum tidur, lakukan pengobatan tradisional ini selama 15 hari berturut-turut dan rasakan khasiatnya.

Efek Samping Daun Sirsak

Terlepas dari manfaatnya untuk mengobati asam urat, konsumsi ramuan herbal dari daun sirsak ini ternyata juga dapat menimbulkan resiko tertentu jika dikonsumsi secara berlebihan. Berdasarkan dari hasil penelitian beberapa para ahli menjelaskan bahwa minum air rebusan daun sirsak secara berlebihan dan dalam jangka panjang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit parkinson, terutama bagi anda yang berusia dibawah 65 tahun.

Oleh sebab itu, sebaiknya anda lebih bijak dalam mengkonsumsi ekstrak daun sirsak ini sebagai obat tradisional, apa pun jenis penyakit yang akan anda ditangani, akan lebih baik apabila dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Sekian pembahasan kali ini mengenai manfaat daun sirsak untuk asam urat, semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *