Manfaat Daun Seledri
Daun Seledri

4 Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal dan Cara Mengolahnya

Posted on

Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal – Ginjal adalah sebuah organ tubuh yang berfungsi menyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama air urin. Ginjal di dalam tubuh kita berjumlah sepasang, jika salah satu rusak maka fungsi ginjal sudah tidak berjalan dengan normal. Selain menyaring kotoran, ginjal juga berfungsi dalam mengatur tekanan darah dan cairan didalam tubuh. Beberapa orang bahkan dokter mempercayai jika seledri adalah salah satu sayuran untuk pembersih ginjal.

Selain menjadi salah satu jenis tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata seledri mempunyai manfaat yang sangat bagus untuk tubuh kita. Terutama untuk ginjal kita, karena kandungan yang ada di dalam seledri mempunyai khasiat yang bisa membuat ginjal kita sehat. Meskipun begitu masih banyak yang meragukan manfaat sayuran seledri untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Daun Seledri
Daun Seledri

Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal

Manfaat daun seledri untuk ginjal tak main-main. Sebab seledri bisa menjaga kesehatan ginjal kita dari berbagai macam ancaman penyakit ginjal dan juga mencegah kanker. Kandungan yang ada di dalam seledri sangat banyak antara lain, Vitamin A, B1, B2, B6, C, Zat Besi, Fosfor, Kalsium, Folat dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut yang bisa membuat ginjal kita terjaga kesehatannya dan terhindar dari ancaman penyakit ginjal. Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat daun seledri untuk ginjal :

Menurunkan Asam Urat

Manfaat seledri untuk ginjal yang pertama yaitu untuk menurunkan asam urat dalam tubuh. Hal itu disebabkan karena kandungan 3-n-butylphthalide, senyawa itu menghambat enzim xanthine oxidase yang membuat produksi asam urat di dalam tubuh berlebihan. Dengan adanya kandungan tersebut bisa membuat kesehatan ginjal kita terjaga, karena asam urat yang berlebihan bisa membuat kita terkena batu ginjal.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selanjutnya manfaat seledri untuk kesehatan ginjal kita yaitu menurunkan tekanan darah tinggi. Seledri memiliki kandungan senyawa 3-n-butylphthalide yang berkhasiat menurunkan hipertensi dan kolesterol di dalam darah.

Tekanan darah memang bisa membuat kita terkena banyak penyakit, salah satunya yaitu penyakit ginjal. Penyakit ginjal seperti batu ginjal disebabkan salah satunya oleh hipertensi dan kolesterol. Cara menurunkan hipertensi salah satunya yakni dengan mengkonsumsi seledri.

Mencegah Kanker

Kanker adalah momok yang sangat ditakuti oleh setiap orang. Karena kanker sendiri bisa menyerah berbagai organ di dalam tubuh. Manfaat buah seledri juga bisa berkhasiat untuk mencegah terjadinya kanker di ginjal. Karena kandungan antioksidan yang terdapat di seledri bisa menangkal radikal bebas. Sehingga mampu mencegah potensi timbulnya kanker ginjal dan mampu menjaga kesehatan organ tubuh yang lainnya.

Diuretik Alami

Yang terakhir manfaat seledri untuk ginjal yaitu untuk diuretik. Diuretik adalah zat-zat yang bisa meningkatkan produksi urine, sehingga membuat kelebihan cairan dalam tubuh. Selain mengandung diuretik, di dalam seledri terdapat kandungan senyawa yang membantu meningkatkan aliran urine dan membantu membuang cairan yang berlebihan di dalam tubuh. Tentunya hal tersebut sangat berpengaruh pada tubuh, sehingga kesehatan tubuh akan tetap terjaga.

Cara Mengolah Daun Seledri

Ternyata manfaat seledri untuk kesehatan begitu besar. Namun yang sangat disayangkan tidak banyak yang mengetahui hal itu. Semoga dengan adanya artikel ini kamu bisa mengetahui jika seledri berkhasiat untuk membersihkan ginjal dari penyakit. Setelah membahas manfaatnya kita kita beralih membahas cara mengolah daun seledri. Agar kita tidak melakukan kesalahan yang menyebabkan kandungan nutrisi dan vitamin di dalam seledri hilang. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Rebusan Seledri

Untuk mendapatkan sari dari seledri salah satu cara yang bisa kita lakukan yaitu merebus seledri. Bahan yang dibutuhkan juga tidak susah, kamu cukup menyiapkan air matang dan seledri. Setelah itu rebus seledri dengan air yang sudah kamu siapkan. Jika sudah saring air rebusan seledri, lalu masukkan kedalam botol. Jangan lupa simpan di dalam kulkas agar bisa tahan lebih lama. Kamu bisa meminumnya secara rutin sehari sekali demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga : 12 Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jus Seledri Madu

Untuk kamu yang bosan dengan rebusan seledri mungkin bisa mencoba jus seledri madu. Jus seledri madu lebih direkomendasikan untuk kamu yang tidak sukda dengan aroma seledri, jadi kamu hanya tinggal menyediakan seledri, air dan madu. Caranya juga bisa dibilang seperti kamu membuat jus pada umumnya, hanya saja kamu tinggal menambahkan madu di dalam jus, baik sebelum atau sesudah jus jadi. Madu nantinya selain membuat rasa manis di dalam jus, madu juga memiliki kandungan yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Jus Seledri

Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal
Jus Daun Seledri untuk Ginjal

Selanjutnya kamu bisa mencoba jus seledri, jika direbus saja mungkin tekstur airnya seperti air pada umumnya. Namun jika kamu pecinta jus, maka seledri bisa kamu olah menjadi jus. Caranya seperti pada umumnya, bersihkan seledri diair mengalir terlebih dahulu. Jika sudah, potong-potong sesuai selera dan masukkan kedalam belender dengan air matang tadi. Kamu bisa mengkonsumsinya sehari sekali untuk meningkatkan kesehatan ginjal.

Salad

Pilihan terakhir yang bisa kamu coba yaitu diolah menjadi salad. Salad adalah salah satu makanan yang digemari banyak orang, karena bisa dicampur dengan berbagai macam buah dan sayuran. Namun kamu lebih membanyakkan porsi seledri di dalam salad tadi. Bagi penderita ginjal, salad menjadi salah satu bagian dari diet gagal ginjal yang dapat mengembalikkan fungsi ginjal.

Sebenarnya ada banyak cara mengolah seledri, namun keempat olahan di atas cukup direkomendasikan. Karena jika salah mengolah, kandungan yang ada di dalam seledri bisa hilang. Sehingga khasiat seledri untuk membersihkan ginjal tidak akan maksimal.

Efek Samping Minum Rebusan Daun Seledri

Yang terakhir kita juga akan membahas efek samping minum rebusan daun seledri. Sebab bagaimanapun, setiap obat pasti memiliki aturan tertentu. Jika kita menyalahi atau melanggar aturan yang sudah ditentukan, bukan tidak mungkin jika kita bisa menerima efek samping yang berbahaya.

Seledri jika dikonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan reaksi alergi. Bahkan jika kebanyakan bukan malah membuat ginjal kita sehat, malah bisa membuat ginjal kita mengalami peradangan. Jadi sebelum mengkonsumsi seledri atau obat-obatan lainnya, kamu perlu mengetahui kadar yang pas agar tidak menyalahi aturan yang sudah ditentukan. Sebelum mengkonsumsi seledri ada baiknya kamu konsultasi terlebih dahulu ke dokter mengenai dosis yang aman sebelum mengkonsumsinya.

Sehingga kamu bisa memastikan bahwa kadar seledri yang kamu konsumsi setiap harinya itu aman. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi seledri di setiap waktu. Yang paling aman, kamu rutin minum atau mengkonsumsi seledri sebanyak sehari sekali. Selain bisa menjadi obat untuk membersihkan ginjal, kamu juga bisa meminumnya untuk mencegah penyakit ginjal.

Nah itu tadi informasi mengenai manfaat daun seledri untuk ginjal. Memang manfaat seledri untuk kesehatan jarang diketahui, karena seledri secara umum dikenal hanya sebagai bumbu masak. Kini kita telah membahas apa saja manfaat, cara mengolah seledri hingga efek samping. Semoga artikel di atas bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua.

Pencarian Manfaat Terbanyak

  • manfaat seledri untuk ginjal
  • obat ginjal tradisional seledri
  • manfaat daun seledri untuk ginjal
  • khasiat daun seledri untuk ginjal
  • https://pengertianmanfaat com/manfaat-daun-seledri-untuk-ginjal/
  • daun seledri buat ginjal
  • aturan minum rebusan daun seledri
  • bahaya mengonsumsi seledri bagi oenyakit ginjal
  • manfaatmaduuntukginjjal
  • cara mengolah seledri untuk ginjal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *