Manfaat Daun Kenikir
Daun Kenikir

12 Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Manfaat Daun Kenikir – Di Indonesia terusama masyarakat Jawa banyak memanfaatkan tanaman ini untuk lalapan pelengkap pecel atau penyet. Selain itu, tumbuhan ini juga dapat dipakai untuk penyedap rasa dan merangsang tumbuhnya nafsu makan. Anda bisa juga memanfaatkan daun kenikir tersebut untuk mengusir serangga dan alang-alang.

Daun Kenikir Adalah

Manfaat Daun Kenikir
Daun Kenikir

Daun kenikir adalah salah satu tumbuhan yang bisa tumbuh di tanah tropis, sebuta lain dari daun ini adalah ulam raja, daun kenikir sebenarnya berasal dari Amerika Latin, Amerika Tengah, namun daun ini tumbuh liar dan gampang ditemukan di Florida dan menyebar juga di Indonesia. Kenikir merupakan anggota dari tumbuhan Asteraceae.

Kenikir disebut sebagai tumbuhan tahunan yang berbatang pipa dengan garis-garis yang membujur. Daun kerikir yang masih muda dan pucuknya bisa dipakai untuk sayur-sayuran, bisa dimakan mentah dan direbus untuk dijadikan lalapan.

Nama Lain Daun Kenikir

Sementara nama lain daun kenikir adalah ulam raja, ulam raja di Malaysia artinya salad raja. Selain itu, tumbuhan ini juga disebut dengan nama tahi kotok atau Tagetes erecta, banyak manfaat yang bisa didapatkan dari tumbuhan dan daun kenikir untuk masalah kesehatan manusia. Tak banyak orang tahu padahal daun kenikir sendiri mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Tumbuhnya tidak susah, bisa mudah tumbuh di sekitar kita. Tidak hanya digunakan sebagai sayuran biasa namun dibaliknya itu terdapat banyak manfaat yang berguna untuk tubuh terutama yang mengalami gangguan kesehatan. Kandungan zat yang terdapat dalam daun kenikir sendiri antara lain adalah Tokoferol, polifenol, hidroksieugenol, flavonoid, saponin, terpenoid, mineral, kalsium, magnesium, kuersetin, koniferil alkohol yang keseluruhannya memiliki manfaat baik untuk dikonsumsi.

Manfaat Daun Kenikir untuk Kanker

Banyak juga yang menyebutkan tentang manfaat daun kenikir untuk kanker, memang benar daun kenikir ini sangat baik untuk mengobati penyakit kanker. Namun meski begitu tak banyak masyarakat tahu manfaat besar yang bisa didapatkan dari daun kenikir ini. Bagi ibu-ibu umumnya menggunakan daun kenikir merupakan olahan makanan yang dapat dijadikan sayur tanpa tahu manfaat tinggi yang ada didalam kandungan daun kenikir tersebut. Dari dulu daun kenikir sebenarnya sudah dikenal sebagai obat yang cukup banyak digunakan untuk mengobati penyakit kanker secara tradisional, orang dulu sudah banyak yang menggunakan tanaman hijau ini. Cara mengoahnya dengan mengkonsumsi daun kenikir untuk obat kanker dengan dosis yang benar, bisa dijadikan sebagai terapi untuk mencegah penyakit kanker dan menurunkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Tanaman kenikir ini sering disebut dalam dunia medis sebagai tanaman artemisia, memiliki kandungan kaya artemisinin sebagai pengikat dan pembunuh sel kanker, meskipun isi kandungan dari manfaat daun kenikir untuk kanker masih menjadi hipotesis dalam dunia kesehatan. Meski begitu, fungsi dari artemisinin ini untuk menjadi zat pengikat sel yang mempunyai kandingan iron tinggi dan membunuhnya di dalam sel kanker, kandungan artemisinin ini bisa melihat sel kanker untuk diserap dan diikat lalu dibunuh karena memiliki kandungan iron yang tinggi tanpa merusak sel baik lain yang tak mengandung iron.

Manfaat Daun Kenikir untuk Kanker Payudara

Manfaat daun kenikir untuk kanker payudara sudah sering ditemukan dalam pengobatan tradisional. Daun kenikir yang kaya dengan kandungan senyawa saponin, terpenoid, flavonoid dan antioksidan yang dapat melawan penyakit kanker salah satunya adalah kanker payudara. Untuk dapat menanggulangi penyakit mematikan seperti kanker ini, maka penderita cukup dengan mengkonsumsi rebusan daun kenikir ini secara teratur dan rutin. Meski begitu tetap saja mengkonsumsi air putih karena manfaat air putih sangat baik sebagai pelarut zat agar mudah terbawa oleh darah.

Perlu diketahui bahwa kanker payudara merupakan sejenis kanker ganas dan sel kanker ini terbentuk dalam saluran lobulus atau jaringan kecil penghasil ASI. Namun perlu diketahui bahwa sasaran yang terkena kanker payudara ini tidak hanya wanita saja namun juga bisa termasuk kaum pria.

Manfaat Daun Kenikir untuk Ibu Hamil

Sedangkan untuk ibu hamil, daun kenikir rupanya memiliki banyak manfaat yang perlu diketahui apalagi jika anda tengah hamil. berikut beberapa manfaat untuk ibu hamil :

  1. Penambah nafsu makan

Masalah turunnya nafsu makan sering kali dilami oleh para ibu hamil karena rasa mual yang dirasakan. Padahal ibu hamil perlu nutrisi yang lengkap untuk perkembangan sang buah hati di dalam perut. Untuk mengatasi hal ini anda bisa memanfaatkan mengkonsumsi daun kenikir sebagai penambah nafsu makan.

  1. Memperkuat tulang

Ibu hamil otomatis mengalami penambahan berat badan total karena ia sedang mengandung. Hal ini penting untuk memperhatikan kesehatan tulangnya, sehingga diperlukan konsumsi daun kenikir karena bisa bermanfaat untuk menguatkan tulang.

  1. Obat pembengkakan

Setiap ibu hamil sebagian besarnya mengalami pembengkakan akibat pengaruh hormon dalam tubuh, Anda bisa memanfaatkan daun kenikir ini tiga kali sehari, caranya adalah daun kenikir yang sudah dibakar sampai layu kemudian usap pada bagian badan yang bengkak.

  1. Melancarkan ASI

Penting untuk ibu yang hendak memberikan ASI eksklusif bagi si kecil maka harus memperhatikan kelancaran ASInya, hal itu bisa diiringi dengan pengobatan menggunakan daun kenikir yang kaya akan asam folat.

Baca Juga : 4 Manfaat Kumis Kucing Bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Manfaat Daun Kenikir untuk Ibu Menyusui

Tak bisa dipungkiri bahwa manfaat daun kenikir untuk ibu menyusui sangatlah banyak. Anda bisa dengan rutin mengkonsumsi daun kenikir untuk melancarkan ASI yang nantinya akan anda berikan pada buah hati, supaya nutrisinya terpenuhi dan anak bisa tetap sehat. Caranya cukup simpel, pilihlah daun yang tidak berbunga lalu haluskan, setelah itu tempelkan pada bagian payudara anda seraya berikan pijatan halus untuk menenangkan. ASI yang lancar membuat bayi anda menerima asupan ASI yang cukup sehingga ia tak kekurangan dan tak perlu ditambahi dengan susu diluar ASI untuk bayi, karena ASI merupakan nutrisi yang cukup dan sangat baik diberikan pada bayi yang baru lahir hingga usia 2 tahun.

Manfaat Air Rebusan Daun Kenikir

Manfaat air rebusan daun kenikir sangat banyak diantaranya adalah untuk mengobati :

  1. Penyakit lemah jantung

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit jantung bisa mencoba untuk mengobatinya dengan daun kenikir. Caranya cukup mudah yaitu hanya merebus paling tidak 5 lembar daun kenikir dengan 250 ml air, lalu meminum air rebusan tersebut secara rutin sehari 2 kali.

  1. Obat Gondongan

Menderita penyakit gondongan, anda bisa mengobatinya dengan obat gondongan dengan cara menumbuk daun kenikir hingga halus, lalu campur dengan cuka perbandingan 1:1, oleskan pada bagian yang sakit hingga 3 kali dalam sehari secara rutin.

  1. Cuci Darah alami

Anda bisa memanfaatkan rebusan daun kenikir untuk menjadi obat cuci darah, karena mengandung vitamin E, antioksidan dan flavonoid yang bisa menetralkan racun yang terbawa darah.

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Perlu diketahui bahwa daun kenikir memiliki kandungan vitamin A dan E yang memiliki manfaat besar untuk memperbaiki sistem imun tubuh sehingga anda bisa mengkonsumsi rebusan air kenikir untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Cara Merebus Daun Kenikir

Untuk cara merebus daun kenikir sendiri caranya cukup mudah, anda bisa menyediakan daun kenikir paling tidak 5 lembar lalu direbus dengan air setidanya 250 ml, tunggu rebusan sampai air menjadi separuhnya. Lalu bisa diminum atau dikonsumsi secara rutin sesuai dengan pengobatan yang anda lakukan. Jika dikonsumsi secara rutin maka anda bisa mendapatkan khasiatnya lebih optimal.

Bahaya Daun Kenikir

Meskipun banyak manfaat yang bisa diberikan oleh daun kenikir, namun tentu ada bahaya yang bisa ditimbulkan. Beberapa ahli medis sebagian ada yang tak merekomendasikan suplemen herbal daun kenikir tersebut karena memiliki potensi efek samping serta kurangnya badan pengawas yang memstikan jumlah keamanan dosis herbal. Sebagian besar orang bisa memakai suplemen herbal daun kenikir tanpa mengalami efek samping yang negatif, walaupun beberapa diantaranya mengalami gejala seperti alergi ringan, gatal-gatal, mata yang berair atau ruam kulit.

Manfaat Daun Kenikir untuk Kecantikan

Tak hanya untuk kesehatan saja, rupanya manfaat daun kenikir untuk kecantikan juga banyak sehingga bisa dimanfaatkan oleh para wanita. Salah satunya adalah manfaat daun kenikir tersebut untuk kecantikan kulit wanita, kaya akan kandungan vitamin C sehingga bisa dijadikan sebagai obat herbal perawatan kulit tradisional. Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah atau kulit yang bisa membuat kulit lebih lembut, cerah, halus dan awet muda.

Begitulah info mengenai Manfaat Daun Kenikir yang bisa kami bagikan untuk kalian semua, semoga dapat memberikan mafaat dan salam sehat.

Pencarian Manfaat Terbanyak

  • manfaat dan bahaya daun kenikir
  • bahaya makan daun kenikir
  • bahaya daun kenikir
  • bahayanya daun kenikir
  • bahaya minum daun kenikir
  • manfaat daun keniki untuk ibu
  • Kasiat tanaman santamaria
  • tanaman kenikir yang bisa dikonsumsi
  • daun kenikir
  • cara memasak sayuran kenikir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *