Manfaat Jus Buah Naga
Jus Buah Naga

14 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Muda, Tua, dan Bahayanya

Posted on

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil – Ada banyak sekali manfaat mengkonsumsi buah naga bagi ibu hamil, namun saat ini masih banyak wanita hamil yang menghindari buah naga ini karena menganggap bahwa buah naga merupakan salah satu jenis buah yang dilarang untuk ibu hamil. Padahal anggapan tersebut tidaklah benar, selagi buah naga ini dikonsumsi dalam jumlah cukup dan teratur, justru akan sangat baik untuk mendukung kehamilan.

Tahukah anda, ternyata buah naga ini tidak hanya baik untuk wanita hamil muda saja tetapi juga baik dikonsumsi oleh wanita yang tengah hamil tua. Penasaran, apa saja manfaatnya? Langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Muda

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil
Buah Naga Untuk Ibu Hamil

1. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Di dalam buah naga mengandung zat besi yang cukup tinggi, zat ini sangat baik dan dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu proses pembentukan sel darah merah. Sebab, usia kehamilan muda lebih rentan mengalami anemia ketimbang usia kehamilan yang sudah tua dan mendekati masa persalinan. Meski demikian, usia kehamilan tua juga tetap memerlukan asupan zat besi ini untuk mencegah resiko terkena penyakit anemia. Selain itu, asupan zat besi juga sangat dibutuhkan untuk menyuplai nutrisi dan oksigen ke dalam tubuh janin.

2. Sumber Energi

Mengkonsumsi buah naga di usia kehamilan muda juga sangat baik untuk membantu memenuhi sumber energi dalam tubuh. Di dalam 100 gram buah naga mengandung karbohidrat dalam jumlah 9 gram hingga 14 gram, sehingga dengan mengkonsumsi buah naga dalam jumlah cukup dapat membantu memenuhi kebutuhan karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh ibu hamil muda per harinya.

3. Mendukung Tumbuh Kembang Janin dalam Kandungan

Di dalam buah naga memiliki kandungan asam folat dalam jumlah yang cukup banyak, asam folat sendiri sangat diperlukan di masa-masa kehamilan muda guna membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan. Jika janin di dalam kurang mendapatkan asupan asam folat dalam jumlah cukup setiap harinya, maka janin tidak akan tumbuh dan berkembang, sehingga dapat meningkatkan resiko keguguran dan kecacatan pada bagian tabung saraf.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang ada dalam buah naga sangat bermanfaat untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh ibu hamil tidak akan mudah sakit dan terserang penyakit. Tubuh ibu hamil muda membutuhkan asupan vitamin C dalam jumlah cukup setiap harinya karena kondisi tubuh ibu hamil muda daya tahan tubuhnya masih sangat lemah dan belum terbiasa dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuhnya.

5. Menangkal Radikal Bebas

Selain mengandung vitamin C, di dalam buah naga juga mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa ini sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil muda untuk menangkal serangan radikal bebas yang dapat berpengaruh buruk terhadap perkembangan janin di dalam kandungan, bahaya dari radikal bebas dapat menyebabkan janin tidak berkembang dan bisa menyebabkan kelahiran prematur.

6. Mencukupi Gizi Selama Kehamilan

Selama masa kehamilan mulai dari usia 1 minggu pertama hingga tiba waktunya persalinan, tubuh ibu hamil harus tetap mendapatkan asupan gizi dan nutrisi dalam jumlah cukup dan seimbang. Sebab, jika tubuh ibu hamil mengalami kekurangan gizi dan nutrisi dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah, bahkan bisa mengalami gizi buruk setelah dilahirkan.

7. Mencegah Tubuh Dehidrasi

Di dalam buah naga mengandung kadar air yang sangat tinggi, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah naga selama kehamilan dapat membantu mencegah tubuh ibu hamil mengalami dehidrasi.

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Tua

Selain bermanfaat untuk ibu hamil muda, buah naga juga memiliki banyak manfaatnya bagi ibu hamil tua. Penasaran, apa saja manfaatnya? Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah naga pada usia kehamilan tua, di antaranya yaitu :

1. Membantu Melancarkan BAB

Semakin bertambah usia kehamilan, ibu hamil kerap mengalami keluhan pada sistem pencernaannya mulai dari sembelit, mulas-mulas dan susah BAB. Untuk mencegah dan sekaligus mengatasi masalah ini, ibu hamil bisa rutin mengkonsumsi buah naga secara rutin setiap hari.

Kandungan serat alaminya sangat baik untuk membantu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit. Selain itu, dengan rutin mengkonsumsi buah naga juga dapat sangat baik untuk menjaga usus tetap sehat dan mampu bekerja dengan optimal dalam mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan.

2. Membantu Menyempurnakan Indera Penglihatan Janin

Selama masa kehamilan, janin akan terus tumbuh dan berkembang untuk mencapai kesempurnaan. Dengan rutin mengkonsumsi buah naga dapat membantu perkembangan pada indera penglihatan janin karena di dalam buah naga mengandung beta-karoten terutama pada buah naga merah. Dengan rutin mengkonsumsi buah naga, maka bayi akan lahir dengan kondisi mata yang sehat dan memiliki daya penglihatan yang sangat tajam.

3. Mencegah Penyakit Tulang

Seiring bertambahnya usia kehamilan, maka beban pada perut akan terus bertambah dan membuat ibu hamil sering mengeluhkan pegal-pegal dan bahkan berisiko terkena penyakit tulang seperti penyakit osteoporosis. Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada diri anda, maka sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah naga selama kehamilan. Hal ini karena di dalam buah naga mengandung kalsium dan fosfor yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk menguatkan tulang dan mencegah penyakit tulang.

4. Mencegah Bayi Lahir Prematur

Di dalam buah naga mengandung asam folat yang sangat baik untuk mencegah resiko bayi lahir prematur, penyebab dari bayi yang terlahir prematur yaitu karena tubuhnya kurang mendapatkan asupan asam folat dalam jumlah cukup selama dalam kandungan.

5. Menjaga Keseimbangan Metabolisme Sel

Vitamin B1 yang terkandung di dalam buah naga sangat dibutuhkan oleh tubuh selama kehamilan karena vitamin tersebut akan digunakan untuk menjaga keseimbangan metabolisme sel dalam tubuh ibu hamil. Dengan demikian, kesehatan tubuh ibu hamil dan janin di dalam kandungan akan senantiasa terjaga sepanjang hari.

6. Menstabilkan Tekanan Darah Dalam Tubuh

Tidak sedikit ibu hamil yang menderita tekanan darah tinggi (hipertensi), kondisi ini tentu akan sangat membahayakan ketika dialami pada usia kehamilan tua atau trimester akhir. Ibu hamil yang menderita penyakit tekanan darah tinggi ini bisa berakibat terkena komplikasi pada kehamilannya, sehingga berisiko mengalami pendarahan hebat saat melahirkan dan bahkan bayi meninggal dunia saat dilahirkan.

Maka untuk menjaga agar tekanan darah tetap stabil, ibu hamil disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah naga setiap hari selama kehamilannya. Manfaat buah naga untuk ibu hamil tua ini dapat menjaga tekanan darahnya tetap pada batas normal.

7. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Selain bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah pada ibu hamil, konsumsi buah naga juga bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula darah. kadar gula darah yang terlampau tinggi bisa mengakibatkan terjadi komplikasi pada kahamilan dan terkena penyakit diabetes melitus.

Bahaya Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Sebenarnya tidak ada bahaya yang perlu dikhawatirkan dari buah naga ini bagi ibu hamil, selagi ibu hamil mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar tentu buah naga sangatlah baik untuk ibu hamil. Namun jika anda masih ragu dan merasa takut, maka anda bisa konsultasikan hal ini dengan bidan atau dokter kandungan.

Baca Juga :

Manfaat Buah Naga Lengkap Serta Kandungannya

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai manfaat buah naga untuk ibu hamil, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *